Pin It

19 January 2018

Cara Membuka Usaha Pertamini Serta Mengurus Perijinannya

Infokami.Net - Kebutuhan terhadap bahan bakar minyak berupa bensin terus meningkat setiap tahunnya seiring dengan semakin bertambahnya kendaraan bermotor. Hal tersebut membuat potensi bisnis bensin pun ikut mengalami imbas yang signifikan. Untuk mendapatkan bensin, masyarakat bisa mendatangi SPBU milik Pertamina atau SPBU milik perusahaan swasta atau membelinya secara eceran.


Penjual bensin eceran sejak dahulu memnang sudah banyak ditemui. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, penjual bensin eceran kini tampil berbeda dengan sebuah pom bensin mini yang disebut Pertamini. Sebenarnya, Pertamini hanyalah istilah yang diciptakan oleh masyarakat sendiri untuk menunjukkan media penyimpanan bensin yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga mirip pom bensi dalam ukuran mini.

Dengan adanya pom bensin mini, masyarakat disuguhkan pilihan membeli bensin di tempat yang terkensan “lebih profesional” daripada penjual bensin eceran sebelumnya. Potensi bisnis dari Pertamini ini pun cukup besar, ditambah dengan pengelolaan yang mudah. Nah, bagi Anda yang berniat untuk membuka pom bensin mini di tempat Anda, ada baiknya menyimak langkah-langkahnya berikut ini.

Menyiapkan Modal

Bisnis Pertamini memerlukan modal yang cukup besar. Modal pertama yang harus Anda keluarkan tentu saja untuk membeli bensin ke SPBU terdekat dalam jumlah besar. Modal kedua untuk membeli perlengkapan pertamini yang sudah banyak dijual di internet. Bila Anda menyewa tempat milik orang lain, maka perhitungkan juga hal tersebut sebagai modalnya.

Menyiapkan Tempat

Langkah selanjutnya adalah mempersiapkan tempat berjualan yang strategis. Usahakan berada di pinggir jalan yang cukup ramai sehingga akan banyak pembeli yang datang. Faktor tempat ini merupakan faktor yang krusial dalam membuka usaha bisnis bensin eceran karena pada umumnya Anda tidak bisa bermain di harga karena sudah ditetapkan pemerintah.

Membeli Pertamini

Setelah menyiapkan modal uang dan tempat, langkah selanjutnya adalah bergegas untuk mencari penjual perlengkapan pertamini. Sekarang ada beberapa jenis pertamini yang dijual di pasaran, mulai dari yang manual maupun digital. Harganya pun bervariasi, mulai dari Rp6.000 sampai Rp28.000. Pertamini manual masih menggunakan semacam kayuh yang diputar terus untuk mengisi bensi ke kendaraan.

Sementara itu, pertamini digital sudah lebih canggih di mana terdapat layar led yang menampilkan jumlah bensin yang dikeluarkan beserta uang yang dibayarkan oleh konsumen. Tentu ini memberikan kesan tersendiri bagi konsumen. Berikut beberapa jenis pertamini yang dijual di pasaran beserta kisaran harganya.

Pertamini Manual

Harga pertamini manual dijual pada kisaran harga Rp5.800.000 hingga Rp7.000.000. Jenis alat pertamini yang satu ini dibuat dari bahan stainless dan plat besi. Kapasitas penampungan bahan bakar mencapai 210 liter. Biasanya, pertamini manual juga dibedakan lagi dengan jenis standard an kios, namun perbedaanya hanya pada penutup tabung takar saja.

Pertamini Digital

Alat pertamini ini memiliki keunggulan berupa tampilan LED yang dapat menunjukkan besaran bensin yang keluar dan nominal sesuai dengan nominal uang dari pembeli. Dari segi kapasitas, hanya bertambah sedikit lebih banyak daripad manual yakni di kisaran 220 liter. Harga yang dibandrol untuk alat pertamini jenis ini berkisar antara Rp14.000.000 hingga Rp15.000.000.

Pertaminan Digital Dobel

Spesifikasi alat pertamini digital dobel hampir sama dengan sebelumnya, hanya saja alat jenis ini memiliki 2 nozel sehingga Anda dapat menjual dua jenis bahan bakar sekaligus seperti bensin dan solar. Harga pertamini digital dobel ini berkisar antara Rp28.000.000 hingga Rp30.000.000.

Mengurus Surat Perizinan

Untuk memulai bisnis bensin eceran ini Anda wajib mengantongi surat izin terlebih dahulu. Anda bisa mendatangi SPBU terdekat untuk mengurus surat ini. Biasanya, Anda akan mengisi formulir yang diberikan oleh petugas SPBU dengan biaya administrasi sekitar Rp200.000. Surat izin ini perlu karena bila Anda tidak mengantonginya, maka Anda tidak akan bisa mendapatkan bensin dalam jumlah banyak di SPBU.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

1 comments:

Terima Kasih

Followers

Follow by Email