Pin It

20 June 2017

Cara Mengetahui Penyebar Foto Hoax Pertama Kalinya

Infokami.Net - Akhir-akhir ini sering beredar foto hoax serta berita palsu. Padahal, menyebarkan hoax dapat merugikan pembacanya. Di beberapa negara, termasuk Indonesia, sudah ada undang-undang yang khusus mengatur penyebaran informasi dan transaksi elektronik. Untuk mengantisipasi hal ini, ada cara mudah memeriksa kebenaran foto di berita hoax. Caranya adalah dengan memastikan sumber dari foto yang diunggah di artikel berita terkait. Jadi, kita bisa meng-cross check apakah foto tersebut asli atau tidak.


Caranya cukup mudah, kita hanya perlu memanfaatkan tool milik Google, yaitu Google Images. Seperti apa langkah-langkahnya?

Pertama, buka laman Google Image atau agar mudah bisa langsung Klik Di Sini

Nah, sekarang coba save foto berita hoax yang ingin kita verifikasi. Lalu, di laman Google Images, kita sisipkan foto yang di-save dengan cara drag foto tersebut ke kolom pencarian.

Setelah itu akan muncul hasil pencarian yang menampilkan situs pertama yang mengunggah foto tersebut. Situs ini akan muncul pada posisi pencarian paling atas.


Dari sini kita bisa mengetahui siapa yang menyebarkan gambar tersebut pertama kali. Cari tahu apakah situs web yang menyebarkan gambar itu kredibel atau tidak.

Selain cara diatas untuk mendeteksi apakah suatu berita hoax atau bukan kita bisa melakukan dua cara sbb:

1. Cross Check Judul Berita Provokatif

Tak sedikit berita yang muncul di internet menggunakan judul provokatif. Kalau demikian, coba cross check berita itu dengan menggunakan mesin pencari Google untuk memastikan apakah berita yang kamu baca, ditulis dan diterbitkan oleh situs berita lain.

2. Cek URL Situs Web

Kemudian, cek alamat situs web berita itu, atau URL-nya, jika berita yang kamu baca berasal dari situs yang memiliki alamat URL berbeda, misalnya .com.de.

Kemudian yang terpenting, gunakan akal sehat saat membaca berita, jangan mudah terpancing, dan jangan ragu mengecek keaslian atau kebenarannya.

Selamat mencoba!
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers

Follow by Email