Pin It

10 May 2017

Manfaat Jambu Jambu Biji Ungu Untuk Kesehatan

Infokami.net - Ada yang tahu Jambu Biji Ungu? Jambu biji ungu biasa disebut dengan jambu biji Australia. Ciri dari jambu biji ungu ini adalah daunnya berwarna merah agak cenderung ungu dan buahnya serta isi dalam buahnya pun berwarna ungu. Buah ini sangat renyah, segar, aromanya juga khas, serta buahnya lebih besar. Kandungan yang dimiliki jambu biji ungu ini sangatlah besar dan banyak khasiatnya untuk kesehatan.

Jambu Ungu

Jambu biji ungu atau lebih dikenal dengan jambu biji Australia yang memiliki nama latin Psidium Rufum memang belum banyak di kenal di Indonesia. Tapi perlu anda ketahui jambu biji ungu ini banyak sekali mengandung manfaat yang berharga bagi tubuh manusia. Bahkan didalam daun jambu bji ungu ini terdapat beberapa zat yang bermanfaat juga bagi tubuh manusia.

Jambu Ungu

Buah jambu biji ungu memiliki aroma yang khas, renyah dan manis ketika dimakan. Berikut ini merupakan manfaat dari buah jambu biji ungu.

Manfaat jambu biji ungu :

1. Mencegah Penyakit Kanker

Penyakit kanker merupakan penyakit yang menyebabkan kematian terbesar di dunia. Nah, kandungan zat yang terkandung di dalam jambu biji ungu seperti, mineral, vitamin, kalori yang rendah, serta senyawa antioksidan poli-fenolik dan flavonoid yang dapat mingkatkan kekebalan tubuh pada seseorang sehinnga kanker dapat dicegah. Karena jika kekebalan tubuh semakin menurun maka bakteri dan virus akan lebih mudah untuk masuk kedalam tubuh. Bakteri dan virus merupakan salah satu factor penyebab terjadinya kanker khususnya kanker serviks. Buah jambu biji ungu juga memiliki likopen yang bisa mencegah kanker seperti kanker kulit, kanker perut dll.

2. Mencegah Sariawan

Sariawan biasanya disebabkan oleh kekurangan vitamin C dalam tubuh. Jambu biji merupakan penghasil vitamin C terbanyak di antara buahan-buahan yang mengandung vitamin C, termasuk juga dalam manfaat jambu biji ungu. Buah jambu biji ungu juga kayak akan vitamin C dan antioksidan yang dapat mencegah sariawan.

3. Mengobati Diare

Diare adalah suatu keadaan dimana bertambahnya frekuensi BAB lebih dari biasanya (lebih dari 3 kali sehari) dan ditandai dengan perubahan bentuk feses menjadi lembek, encer atau bahkan bisa seperti air. Diare disebabkan oleh infeksi bakteri Escherichia coli. Jambu biji ungu mengandung astringent yang bersifat alkali yang memiliki manfaat sebagai disinfektan dan anti bakteri, maka jambu biji ungu juga bisa digunakan dalam mengobati diare.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers

Follow by Email