Pin It

27 December 2016

Mengenal Perbedaan WordPress Hosted Dan WordPress Self-Hosted

Infokami.Net - Anda ingin membuat website namun tidak terlalu paham dengan dunia IT, maka Wordpress bisa menjadi salah satu solusi terbaik. Mungkin Anda akan bertanya-tanya, “Apa itu WordPress?” WordPress adalah sebuah aplikasi Open Source pembuatan website yang diciptakan oleh dua orang programmer asal Amerika Serikat bernama Matt Mullenweg dan Mike Little.


Website apapun bisa Anda ciptakan menggunakan WordPress, mulai dari website sederhana hingga website yang memiliki fitur canggih, tanpa perlu banyak berurusan dengan script pemrograman rumit. Hanya dengan mengatur halaman, plugin, dan tata letak, Anda sudah dapat menciptakan sebuah website yang kaya fitur.

Jika diibaratkan masakan, membuat website secara manual dengan script pemrograman dan membuat website dengan WordPress seperti perbandingan memasak dengan bumbu mentah dan memasak menggunakan bumbu instan. Ada banyak proses manual yang harus Anda lalui ketika menggunakan bumbu mentah. Anda harus menakar bahan, mengupas, memotong-motong hingga menghaluskan terlebih dahulu sebelum mulai memasak.

Sebaliknya, ketika memasak dengan bumbu instan Anda hanya perlu menyiapkan bahan baku & mencampurnya dengan bumbu saja sebelum siap dinikmati. Dalam konteks hasil yang dihasilkan nantinya akan sama, bahkan lebih baik, tentu Anda lebih memilih cara instan, bukan?

Selain hasil yang lebih baik, WordPress juga menawarkan efektivitas serta waktu pengerjaan yang lebih cepat. Pendeknya, proses pembuatan website Anda akan jauh lebih mudah menggunakan WordPress.

Fungsi & Manfaat WordPress

Seperti yang telah dijelaskan pada awal pembahasan, fungsi utama WordPress adalah membantu Anda membuat website tanpa perlu banyak bersentuhan dengan script pemrograman website. Secara default, WordPress sudah memiliki komponen dasar sebuah website seperti editor, pembuatan halaman, hingga plugin yang memungkinkan Anda menambahkan fitur khusus seperti toko online, pop-up banner & sebagainya.

Jika biasanya seorang web developer mampu membuat website secara manual dalam waktu 30 hari, Anda dapat membuat website dalam hitungan menit dengan menggunakan WordPress. Menarik, bukan?

Jenis-Jenis WordPress

Tahukah Anda bahwa WordPress memiliki 2 jenis, yaitu WordPress Hosted dan WordPress Self-Hosted. Apa yang membedakan keduanya? Secara umum yang membedakan keduanya adalah lokasi penyimpanan file website. Akan tetapi, ada hal lain yang membedakan kedua jenis WordPress ini. Berikut kami berikan ulasannya untuk Anda.

1. WordPress Hosted

Anda dapat menggunakan layanan WordPress Hosted tanpa biaya sama sekali dan sudah mendapatkan jatah disk space sebesar 3GB. Hanya saja, website Anda nantinya akan diletakkan pada subdomain .wordpress.com.

Jika Anda menggunakan layanan ini, seluruh file dan gambar website akan disimpan di server milik WordPress.

Kelebihan Wordpress Hosted:

*. Gratis, tidak memerlukan biaya berlangganan hosting dan domain.
*. Tidak memerlukan maintenance script & hosting.

Kekurangan:

*. Tidak memiliki akses ke script website.
*. Fitur terbatas (tidak tersedia plugin).

Wordpress hosted cocok untuk…

*. Pemula yang belajar membuat website dasar.
*. Anda yang tidak ingin mengeluarkan biaya untuk berlangganan hosting & domain.
*. Anda yang membuat website untuk keperluan non komersial & pembelajaran.

2. WordPress Self-Hosted

Apabila Anda ingin menggunakan WordPress Self-Hosted, Anda harus berlangganan paket hosting serta memiliki domain sendiri terlebih dahulu. Setelahnya, Anda dapat menginstal WordPress pada layanan hosting yang Anda miliki tersebut.

Source code untuk WordPress Self-Hosted dapat diunduh di https://wordpress.org Alternatifnya, Anda juga bisa melakukan instalasi melalui fitur auto-installer yang biasanya terdapat pada paket hosting Anda.

Kelebihan WordPress Self-Hosted

*. Dapat memasang theme & plugin pada website serta mengedit scriptnya.
*. Memiliki akses penuh ke file website.
*. Lebih mudah dalam optimasi SEO.

Kekurangan WordPress Self-Hosted

*. Harus menyiapkan budget biaya hosting & domain.
*. Harus mensetting script & mengatasi sendiri jika ada permasalahan pada website.

Layanan ini cocok untuk …

*. Pemula yang ingin belajar membuat website profesional.
*. Anda yang ingin membuat website dengan fitur dan kebutuhan spesifik.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers

Follow by Email