Pin It

27 December 2016

Cara Mudah Setting Facebook Instant Articles Pada WordPress

Infokami.Net - Apa itu Facebook Instant Articles? Facebook Instant Articles merupakan salah satu fitur dalam Facebook yang dapat membuat tautan artikel di Facebook Mobile menjadi 10x lebih cepat dibuka dibandingkan postingan biasa. Pengguna tidak perlu menunggu loading terlalu lama dan berpindah ke web browser terlebih dahulu untuk dapat membaca tautan artikel yang diinginkan.


Nah, dalam Facebook Mobile, fitur Facebook Instant Articles ditandai dengan tanda petir pada bagian kanan post image seperti gambar berikut.


Ketika Anda klik postingan artikel tersebut, Anda akan langsung diarahkan ke sana tanpa harus membuka web browser terlebih dahulu. Menarik, bukan? Facebook Instant Articles menghadirkan pengalaman akses artikel melalui Facebook tanpa loading page.

Media ternama seperti Kompas, Liputan 6, Brightside, Mashable, dan National Geographic telah menggunakannya. Sebagai penanda, terdapat tanda petir pada bagian atas postingan artikel di Facebook saat Anda mengaksesnya melalui versi mobile. Anda juga bisa menggunakannya pada page Facebook yang Anda kelola. Postingan artikel menarik pada website WordPress dapat Anda hubungkan dengan facebook articles untuk akses lebih nyaman dan cepat.

Apa yang Dapat Dilakukan Facebook Instant Articles untuk Anda?

*. Facebook Instant Articles 10x Lebih Cepat. Pengguna tidak perlu menuggu waktu untuk melihat artikel/posting Anda. Mereka akan merasa lebih nyaman ketika membaca artikel di website WordPress tanpa harus menunggu loading.
*. Leluasa Melakukan Pengaturan
Facebook Instant Articles membuat Anda lebih leluasa menyesuaikan pengaturan brand Anda. Logo hingga warna dapat Anda sesuaikan sesuai keinginan.
*. Analisis Network Audience
Informasi detail audience yang mengakses artikel bisa Anda lihat, bahkan informasi jumlah klik per artikel pun tersedia dalam Facebook Instant Articles ini.

Bagaimana Cara Menggunakan Facebook Instant Articles?

Dalam artikel ini Anda dapat sendiri mencoba cara mudah menghubungkan Facebook Instant Articles ke website WordPress Anda. Akan tetapi, sebelum Anda menggunakan Facebook Instant Articles, ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan:

*. Fanpage Facebook untuk website WordPress Anda
*. Website WordPress
*. Menginstal plugin Instant Articles for WP di WordPress
*. Memiliki lebih dari 10 artikel di website

Jika Anda sudah memenuhi persyaratan yang ditetapkan di atas, ikuti langkah berikut untuk mulai menggunakan Facebook Instant Articles pada website Anda.

1. Sign Up di Facebook Instant Articles
1. Pertama-tama, akses https://instantarticles.fb.com/ dan klik SIGN UP.
2. Setelah Anda klik SIGN UP, pilih page Facebook yang akan Anda gunakan untuk Facebook Instant Articles.
3. Kemudian, saatnya Anda menghubungkan dengan website WordPress Anda. Klik Connect Your Site pada bagian Langkah 1.
4. Dalam menuConnect Your Sitemasukkan URL website WordPress yang akan Anda gunakan.
Sebelum klaim URL website Anda, masukkan terlebih dahulu meta tag pada website WordPress Anda.
5. Copy meta tag yang tertera pada halaman Facebook Anda dan masukkan pada bagian footer WordPress Editor Anda.
6. Jika sudah, klik Klaim URL hingga muncul tampilan seperti di bawah ini.
7. Hal yang perlu Anda lakukan selanjutnya adalah melakukan pengaturan Produksi Umpan RSSdi Facebook Instant Articles.

Pada kolom Produksi Umpan RSS, masukkan URL berikut ini dan klik SIMPAN: http://www.example.com/feed/instant-articles

Selamat, pada tahap ini Anda telah berhasil melakukan pengaturan Facebook Instant Articles di Facebook. Selanjutnya Anda perlu melakukan pengaturan tambahan pada platform WordPress. Anda harus instal plugin Instant Articles for WP pada akun WordPress Anda. Sedangkan plugin ini bisa Anda dapatkan di langsung di WordPress.org. Setelah instalasi selesai, masuklah pada halaman pengaturan plugin seperti gambar bawah ini untuk mengaktifkan plugin. 

Aktifkan Plugin Instant Articles pada WordPress

1. Untuk mulai mengaktifkan, Anda memerlukan APP ID dan APP SECRET. Keduanya bisa Anda dapatkan melalui Facebook Apps. Kemudian, buka https://developers.facebook.com/apps/ dan klik Buat Aplikasi Baru

2. Masukkan nama aplikasi yang akan Anda buat. Kolom ini dapat Anda isi sesuai nama website atau apapun. Kemudian silakan masuk pada bagian Pengaturan, klik Tambahkan Platform, dan pilih Situs Web

3. Masukkan nama website Anda seperti pada gambar di bawah ini dan silakan kembali ke Dashboard untuk mendapatkan ID Aplikasi dan Kunci Rahasia Aplikasi

4. Sekarang Anda sudah mendapatkan ID Aplikasi dan Kunci Aplikasi untuk dimasukkan di website WordPress Anda. Namun, jangan lupa mengubah tinjauan aplikasi untuk publik.

Kembali ke WordPress Anda, Masuk pada Pengaturan “Instant Articles”


1. Masukkan App ID berikut App Secret, kemudian klik NEXT. Login dan ikuti langkah-langkah selanjutnya untuk mengaktifkan plugin. 

2. Pilih halaman Facebook Anda dan atur tampilannya pada Facebook. Anda juga dapat memasukkan logo dan warna untuk tampilan postingan artikel Anda. 

3. Langkah selanjutnya adalah mempersiapkan artikel untuk validasi dari Facebook. Langkah ini diperlukan dalam rangka aktivasi Facebook Instant Articles. Sebelum klik Submit Review, pastikan Anda sudah mengikuti syarat dan ketentuan Facebook Instant Articles sesuai pengaturan. 

4. Tunggu sekitar 2-3 hari, Facebook akan meninjau pengajuan aktivasi Facebook Instant Articles Anda. Preview tampilan artikel yang Anda submit dapat dilihat melalui aplikasi Facebook Manager dalam versi mobile. Berikut adalah perbandingan tampilannya, semasa preview maupun setelah diterbitkan. 

Nah itulah Cara Mudah Setting Facebook Instant Articles Pada WordPress.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers

Follow by Email