Pin It

08 November 2016

Untung Rugi Bisnis Waralaba Atau Franchise

Infokami.Net - kali ini kami akan berbagi info mengenai untung rugi bisnis waralaba. Kita sering melihat restoran, café, dan kios-kios makanan dengan nama yang sama di tempat atau kota yang berbeda, nah, berarti bisnis tersebut merupakan suatu bisnis waralaba. Banyak orang yang meragukan kemampuan berbisnis mereka sendiri dan takut untuk memulai usaha yang baru. Dengan sistem waralaba, peminat bisnis tersebut dapat dengan tenang dalam menjalankan usaha mereka walau hanya mempunyai pengalaman dan pengetahuan minim dalam menjalankan bisnis tersebut.


Banyak orang yang beranggapan menjalankan bisnis waralaba berarti mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Akan tetapi, hal tersebut tidaklah pasti terjadi karena terdapat banyak biaya yang diperlukan untuk menjalankan dan keuntungan yang terpotong untuk pemberi waralaba. Oleh karena itu, Anda harus mengerti dengan jelas apa itu sistem bisnis waralaba, seperti dikutip dari www.cermati.com, Senin (7/11/2016): Mengenai Bisnis Waralaba

Bisnis waralaba (franchise) adalah bisnis saat franchisor (pemberi waralaba) yang dapat berupa badan usaha atau individu yang memberikan hak untuk memanfaatkan dan atau menggunakan hak atas penemuan atau kekayaan intelektual serta ciri khas usaha miliknya kepada pihak lain.

Dengan kata lain, penerima waralaba (franchisee) mempunyai hak untuk melakukan usaha menggunakan merek dagang (nama dagang) dan menggunakan sistem bisnisnya. Bisnis waralaba mempunyai keuntungan dan kerugian sebagai berikut:

Keuntungan Bisnis Waralaba:

- Bisnis yang telah terbangun dan telah teruji serta realisasi dengan baik dapat membuat Anda terhindar dari kegagalan bisnis.

- Bisnis tersebut sudah dikenal oleh masyarakat sehingga Anda tidak perlu bersusah payah untuk melakukan pemasaran.

- Manajemen finansial yang mudah karenafranchisortelah menetapkan sistem-nya dari awal
kerja sama yang telah terbangun (dengan pemasok, pihak pemasaran atau iklan) dan memudahkan franchise untuk meneruskannya.

- Dukungan beragam yang diberikan oleh franchisor (pelatihan mengenai proses pemasaran, finansial dan tips dalam menjalankan usaha).

Kerugian Bisnis Waralaba:

- Anda memiliki kendali minimal atas bisnis karena sistem yang telah ditentukan dari pertama.

- Ketergantungan pada supplier yang telah ditentukan franchisor walaupun kita mendapatkan pemasok dengan harga yang lebih murah.

- Ketergantungan pada reputasi waralaba lain, jika ada waralaba lain yang melakukan kesalahan hingga merusak reputasi merek dagang franchise tersebut. Hal ini akan berdampak bagi bisnis Anda karena nama dagang yang sama.

- Biaya waralaba yang beragam seperti biaya pembelian merk dagang di awal perjanjian serta biaya lanjutan untuk dukungan dan pelatihan.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers

Follow by Email