Pin It

22 November 2016

Tren Batik Dari Jaman Ke Jaman

Infokami.Net - Artikel kali ini kami akan mengulas perkembangan batik dari jaman ke jaman. Batik merupakan peninggalan para leluhur yang harus dijaga oleh anak bangsa Indonesia. Namun, batik pada zaman dahulu tentu berbeda dengan batik yang digunakan oleh para generasi muda saat ini.

Batik zaman dahulu yang disebut-sebut batik tradisional ini memiliki sebuah pakem, filosofi, dan sejarah tertentu sehingga tidak dapat digunakan secara bebas. Saat ini batik sudah berkembang lebih pesat. Karya-karya batik para perancang busana Indonesia tidak lagi hanya berupa kain sarung, tetapi juga bisa dibuat menjadi koleksi busana yang cantik atau pun aksesori rumah tangga.


Tren Warna Batik

Kalau kita bicara batik dengan pakem, filosofi, dan sejarahnya sampai kapan pun akan begitu saja, tetapi batik juga harus berkembang sesuai zaman. Batik sendiri tidak bisa mengikuti tren yang sedang berlangsung. Sebab, tren ada pada siluet busana.

Sementara itu, batik adalah proses pembuatan tekstil dengan menggunakan malam, canting, atau cap. Untuk itu, walaupun batik sendiri tidak bisa mengikuti tren, tetapi warna pada kain dan busana batik ini bisa mengikuti tren yang ada. Begitu pula dengan motif yang ada pada batik. Batik mengikuti warna tren, atau motif, misalnya lagi tren bunga yang besar-besar, itu bisa.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers

Follow by Email