Pin It

13 August 2016

VGA Card Super Kencang GIGABYTE GeForce GTX 1080 G1 Gaming

Tahun 2016 merupakan tahun yang sangat menarik bagi industri VGA Card. Dua pemain utama di industri kartu grafis PC, yaitu AMD dan NVIDIA, tahun ini sama-sama menghadirkan kartu grafis dengan GPU berteknologi baru. Meski demikian, keduanya bermain di pasar yang berbeda pada awal perilisannya.


Kali ini kami akan mengulas salah satu varian dari kartu grafis GeForce GTX 1080 yang diproduksi oleh GIGABYTE, yaitu GeForce GTX 1080 G1 Gaming. Seperti seri sebelumnya, nama "G1 Gaming" yang menempel pada kartu grafis ini menandakan bila ia berada di kasta teratas dari jajaran kartu grafis GTX 1080 yang dirilis GIGABYTE.

Mengadopsi salah satu GPU terkencang di dunia saat ini, GTX 1080 G1 Gaming hadir dengan berbagai teknologi pendukung terbaik yang dimiliki oleh GIGABYTE. Salah satu dari teknolgi pendukung tersebut adalah sistem pendinginan WINDFORCE 3X yang menggabungkan tiga kipas khusus pada sebuah sistem pendinginan terintegrasi.

Sebagai salah satu kartu grafis paling kencang GTX 1080 G1 Gaming dipastikan hadir dengan panas yang lebih tinggi. Itulah mengapa kartu grafis ini harus memiliki sebuah sistem pendinginan yang mumpuni, dan WINDFORCE 3X adalah jawaban dari GIGABYTE untuk permasalahan tersebut.

Selain memiliki tiga kipas dengan baling-baling khusus yang mampu menghadirkan aliran udara 23 persen lebih baik, sistem pendinginan WINDFORCE 3X juga dilengkapi dengan komponen khusus. Komponen tersebut di antaranya adalah heatsink yang dihubungkan dengan composite heatpipe berbahan tembaga murni. Penggunaan composite heatpipe diklaim mampu meningkatkan kapasitas pendinginan hingga 29 persen.
Daya tarik tambahan pada kartu grafis ini juga hadir berkat lampu LED RGB pada logo di samping bodinya. Selaim mempercantik tampilan GTX 1080 G1 Gaming, lampu LED RGB tersebut juga bisa dijadikan indikator temperatur kartu grafis ini, sehingga Anda bisa melihat kondisi kartu grafis ini secara langsung.

Lalu bagaimana dengan performanya?

Singkat kata hingga artikel ini dirilis, GIGABYTE GeForce GTX 1080 G1 Gaming merupakan kartu grafis paling kencang yang pernah diuji. Sulit bagi kami untuk mendeskripsikan performanya karena kartu grafis ini memang sangat kencang. Klaim NVIDIA yang menyatakan bila kartu grafis ini jauh lebih kencang dari pendahulunya (bahkan dari Titan X) terbukti benar.

Semua game yang kami uji, mulai dari The Witcher 3, GTA V, Star Wars Battlefront, hingga Far Cry Primal berjalan dengan sangat lancar dengan rata-rata frame rate berada di kisaran 80 hingga 100fps pada resolusi 1080 dengan pengaturan grafis maksimal.

GTX 1080 G1 Gaming juga mampu melibas game yang telah menggunakan DirectX 12 seperti Ashes of The Singularity dan Rise of The Tomb Raider dengan rata-rataframerateyang juga sangat tinggi.

Skor yang sangat tinggi juga diperlihatkan pada pengujian menggunakan 3DMark Fire Strike. Skor yang diperoleh GTX 1080 G1 Gaming mencapai 17148 poin. Tentunya angka tersebut sangat tinggi, bahkan melebihi GTX 980Ti yang hanya memiliki skor di kisaran 15.000 poin.

Menariknya, GTX 1080 G1 Gaming memiliki konsumsi daya yang lebih rendah dari kartu grafis seri GTX 980ti. Hal tersebut dapat dilihat dari penggunaan power eksternalnya, dimana kartu grafis ini hanya menggunakan satu konektor power 8-pin. Sedangkan GTX 980Ti membutuhkan dua konektor power 6-pin.

Kesimpulan

Ingin bermain game tanpa masalah? Ingin memiliki PC dengan performa tanpa kompromi? Tentunya Anda harus menggunakan komponen berkualitas tinggi. GIGABYTE GTX 1080 G1 Gaming adalah salah satu komponen yang dapat digunakan jika Anda ingin membuat PC dengan performa tinggi.

GIGABYTE GeForce GTX 1080 G1 Gaming
Chipset: Pascal
Memori: 8GB GDDR5X
Base Clock: 1721MHz (OC Mode)
Memory Clock: 10010MHz Interface
256-bit
Harga: Rp12 juta

GIGABYTE GeForce GTX 1080 G1 Gaming

*. Performa kencang
*. Sistem pendingin sangat baik
*. Kokoh

Tentu saja menghadirkan performa kelas atas perlu ditebus dengan harga kelas "Raja". Meski demikian, harga yang ditawarkan masih sangat sepadan dengan performa yang ditawarkan.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers

Follow by Email