Pin It

05 August 2016

5 Penyebab WiFi Anda Lambat Dan Cara Mengatasinya

Selamat Sore semua, kali ini kami akan Berbagi Info mengenai lambatnya sinya wifi dan cara mengatasinya. Tentunya kita tidak menginginkan koneksi WiFi lelet di rumahnya, apalagi jika koneksi WiFi tersebut memang diperuntukkan kepada kebutuhan pribadi. Namun, melambatnya koneksi WiFi ternyata bisa diakibatkan oleh banyak hal dan semuanya harus Anda perhatikan jika tidak ingin koneksi WiFi di rumah Anda menjadi lambat.


Berikut adalah beberapa hal yang bisa menyebabkan koneksi WiFi di rumah Anda menjadi lambat:

1. Pencuri Bandwidth

Salah satu penyebab melambatnya koneksi WiFi di rumah Anda adalah adanya pencuribandwidthyang diam-diam menggunakan koneksi WiFi Anda tanpa izin. Pencuri tersebut bisa saja melakukan aktivitas yang menguras bandwidth, seperti mengunduh file berukuran besar atau melakukan streaming sehingga Anda tidak kebagian bandwidth.

Untuk mencegahnya, langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah mengganti password pada router WiFi dan mengatur ulang password koneksi WiFi. Gunakan password yang rumit dan sulit ditebak agar tidak sembarang orang bisa menggunakan koneksi WiFi rumah Anda.

2. Padatnya Koneksi WiFi

Jika Anda tinggal di apartemen atau perumahan yang setiap keluarga memasang WiFi, sinyal dari berbagai router WiFi yang ada bisa saling bertabrakan dan mengurangi performa koneksi. Ciri-ciri koneksi Anda mengalami tabrakan dengan router tetangga adalah melambatnya koneksi di jam-jam tertentu, misalnya saat malam hari ketika keluarga sudah berkumpul di rumah.

Untuk mengatasi permasalahan ini, Anda bisa mengubah koneksi WiFi Anda ke channel yang berbeda dengan tetangga Anda. Ada beberapa aplikasi mobile yang bisa Anda gunakan untuk mendeteksi channel WiFi yang sedang tidak digunakan, dari sana Anda bisa mengatur koneksi WiFi ke channel yang kosong. Cara lainnya adalah dengan menggunakan koneksi 5GHz yang lebih kuat dan kencang, namun pastikan perangkat Anda juga mendukung koneksi tersebut.

3. Router Ketinggalan Zaman

Koneksi lambat juga bisa disebabkan oleh router yang masih menggunakan teknologi lama, seperti Wireless B, G, atau bahkan N. Saat ini standar koneksi WiFi adalah Wireless AC, jadi pastikan router dan perangkat Anda telah mendukung teknologi tersebut.

Selain itu, ada baiknya jika Anda mulai berinvestasi dirouter dual band yang memiliki dua frekuensi karena perangkat dan gadget modern sebagian besar telah mendukung frekuensi 5GHz. Frekuensi tersebut memiliki kualitas sinyal dan kecepatan yang lebih baik.

4. Keamanan Router

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, pencurian bandwidth bisa saja terjadi bila Anda tidak mengamankan jaringan WiFi dengan password. WiFi yang tidak menggunakan password tidak hanya akan mudah digunakan oleh orang lain, koneksi tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk berbagai tindak peretasan lainnya.

Jangan pernah juga gunakan sistem pengamanan WEP karena telah mudah dibobol. Sebaiknya gunakan sistem keamanan berbasiskan enkripsi WPA, WPA2 with TKIP, atau WPA2 dengan AES.

5. Berada Terlalu Jauh dari Router

Setiap router memiliki jangkauan sinyal tertentu dan jika Anda berada terlalu jauh dengan router, maka kualitas sinyal akan menurun dan membuat koneksi menjadi lambat. Gunakan WiFirange extender untuk mengatasi permasalahan ini.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers

Follow by Email