Pin It

30 July 2016

Pertamina Rilis Pertamax Turbo Untuk Pasar Eropa

Setelah resmi diluncurkan di Belgia, PT Pertamina (Persero) segera memasarkan Pertamax Turbo di Indonesia. Pertamax Turbo akan mulai dipasarkan di Tanah Air bulan Agustus 2016. Vice President Fuel Retail Marketing Pertamina Affandi mengatakan tahap awal Pertamax Turbo akan diperkenalkan di SPBU Pertamina di wilayah Jabodetabek. Pertamax Turbo ditargetkan sudah menyebar ke seluruh Indonesia pada akhir tahun ini. Launching di Indonesia akan dilakukan pada 11 Agustus, di acara Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016.


"Tahap awal akan kami pasarkan di Jabodetabek, dan akan menyusul kota lainnya, di mana hingga akhir tahun 2016 bisa masuk di seluruh Indonesia. Saat ini kami sedang tahap persiapan untuk pemasarannya, termasuk penentuan lokasi-lokasi outlet dan juga volume yang akan disediakan," jelas Affandi di sela-sela ajang balap Lamborghini Blancpain Supertrofeo Series, di Sirkuit Spa-Francorchamps, Belgia.

Pertamax Turbo Gantikan Pertamax Plus

Pertamax Turbo, yang memiliki Research Octane Number (RON) minimal 98 merupakan bahan bakar untuk kendaraan bermesin bensin yang merupakan hasil pengembangan dari produk Pertamax Plus. Selain itu, Pertamax Turbo juga dilengkapi Ignition Boost Formula (IBF).

Produk unggulan Pertamina ini diproyeksikan menyasar konsumen yang selama ini menggunakan produk bensin dengan RON 95. Pertamax Turbo akan menggantikan Pertamax Plus yang secara bertahap akan dihapus. Segmen pasar mana yang dibidik Pertamina?

"Semua pasar kendaraan canggih, pengguna mobil super dan canggih di Indonesia kan terus meningkat. Pengguna Alphard, BMW, Mercedes juga masuk segmen bahan bakar ini," ujar Affandi seraya menjelaskan Pertamax Turbo diproduksi di kilang Pertamina Balongan.

Keunggulan Pertamax Turbo, antara lain meningkatkan driveability kendaraan sehingga lincah bermanuver, akselerasi mesin menjadi lebih bagus karena torsi yang dihasilkan lebih tinggi, meningkatkan kecepatan maksimal (top speed) kendaraan, meningkatkan tenaga mesin kendaraan dan menyempurnakan pembakaran bahan bakar pada mesin.

"Untuk harga kami masih siapkan kejutannya untuk konsumen. Yang pasti, Pertamax Turbo akan masuk ke dalam lini produk bahan bakar umum yang harganya akan fluktuatif mengikuti perkembangan harga minyak dunia," terangnya.

Selain Di Eropa, Pertamax Plus Juga Di Jual Di Indonesia

Setelah PT Pertamina (Persero) melakukan uji coba pasar varian baru Bahan Bakar Minyak (BBM) Pertamax Turbo di Eropa. Rencananya, bahan bakar tersebut akan menggantikan Pertamax Plus 95 di Indonesia.

Berapa Harga Pertamax Turbo‎?

Direktur Pemasaran ‎Pertamina Ahmad Bambang mengaku harga BBM dengan kadar Research Octane Nummber (RON) 98 tersebut dibanderol di atas US$ 1 per liter untuk di kawasan Eropa.

"Kisaran harga belum bisa hitung, kalau di Eropa per liter di atas US$ 1, karena adatax-nya tinggi," kata Bambang.

Bambang menambahkan, untuk di Indonesia, rencananya Pertamax Turbo akan dibanderol lebih murah, yaitu sekitar Rp 10 ribu per liter. Harga ini lebih murah dari Pertamax Racing berkadar RON 100 dengan harga Rp 50 ribu per liter.

"Pertamax Racing 50 ribuan nanti saya jual Pertamax Turbo Rp 10 ribu," ucap Bambang.

Menurut Bambang, jika Pertamax Turbo sudah dipasarkan, Pertamina akan menghilangkan Pertamax Plus dengan kadar RON 95. Pasalnya, perbedaan Pertamax 92 dengan 95 sangat tipis, sehingga Pertamina lebih memilih kadar RON yang lebih tinggi.

"Tapi gini, saya di sini punya Pertamax Plus dan Racing. Kalau Turbo mau ke sini Plusnya hilang, karena grade-nya mesin antara 92-95 mirip saja langsung 98," Bambang menjelaskan.

Saat ini Pertamina menjual Pertamax Turbo di Eropa menggunakan drum. Rencananya Pertamax Racing juga akan dijual kalengan, sedangan Pertamax Turbo akan dijual menggunakan dispenser dan disalurkan melalui kran (nozzel) lazimnya penjualan BBM di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).

‎"Pertamax Racing enggak banyak, Racing saya masukan kaleng saja, kalau Turbo ada, Plus dihilangkan. Kalau Eropa saja bagus, kenapa di Indonesia enggak (dipasarkan)," kata Bambang.

Disarikan dari berbagai sumber:
detik.com
liputan6.com
metrotvnews.com
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers

Follow by Email