Pin It

15 July 2016

Foto Interior Toyota Calya Tipe G, Type Termewah Toyota Calya

Artikel kali ini kami akan Berbagi Info dari dunia otomotif. PT Toyota Astra Motor (TAM) tak lama lagi bakal merilis mobil terbarunya di Indonesia, yakni Calya. Mobil ini merupakan Low Cost and Green Car (LCGC) terbaru Toyota di Indonesia, pengembangan dari edisi sebelumnya, Agya. Kini, kami akan membahas eksterior dari MPV 'murah' terbaru Toyota di Indonesia ini. Dari gambar-gambar bocoran yang kami dapat, pada bagian buritan depan, tampak desain bumper, kap mesin, headlamp, dan grill memang tampak berbeda dari Agya.


Bocoran yang kami dapat seputar eksterior dan interior dari Calya.

Tentu saja Calya memiliki desain yang lebih modern, mirip dengan Toyota Yaris versi Eropa dengan wajah keenlook-nya. Sedangkan pada desain grill eksagonalnya yang besar, memang terlihat mirip dengan Toyota Avanza dan Veloz, termasuk dengan desain headlamp-nya. Namun, untuk membuatnya tampil lebih berbeda, dudukan foglamp agak diubah sedikit, berada pada pinggir bumper dengan aksen krom.

Selain itu, lekukan bumper depan juga terlihat menyambung pada fender, yang membuatnya tampil atraktif. Untuk door handle juga dibuat lebih modern dengan model tarik seperti Innova dan Avanza, guna meninggalkan model angkat seperti Agya dan Ayla.

Bukan hanya itu, beberapa common parts juga terdeteksi di MPV ramah lingkungan ini, seperti halnya penggunaan spion yang sama dengan Yaris atau Vios terbaru. Untuk menunjang tampilan utuhnya sebagai MPV harga miring, pelek two tone ring 14 dan ring 15 inci kemungkinan menjadi andalannya sebagai ukuran yang ideal.

Gambar ini dipastikan adalah Toyota Calya tipe 'G' yang menjadi kasta tertinggi. Sebab ada beberapa komponen seperti grille dengan aksen krom, door handle krom, dan foglamp krom sebagai penanda bahwa ini varian termahal.

Penampakan Interior Toyota Calya

Meski belum meluncur, Berbagi Info mendapatkan secara eksklusif gambar interior Toyota Calya yang didapat dari salah seorang sumber internal pabrikan asal Jepang tersebut. Pada foto yang diberikan, kabin tersebut merupakan Calya tipe tertinggi, yakni tipe 'G'.

Lirikan pertama kali tertuju pada bagian dashboard. Secara tampilan, cukup lumayan menopang apa yang diusung mobil tujuh penumpang itu. Dashboard menganut two-tone alias dua warna. Lalu, posisi persneling juga cukup unik, yakni tampak bertengger di bagian dashboard, mirip dengan Daihatsu Gran Max dan Datsun Go Hatchback atau Go+ Panca.



Cukup menjadi pertanyaan, mengapa Toyota memposisikan persneling ada di dashboard. Dari penilaian subjektif, hal ini sepertinya mengakali dimensi Calya yang tak cukup lebar, sehingga agar tak sempit pada bagian kursi. Jika sudah begitu, rem tangan sepertinya berada di kaki.

Lirikan selanjutnya terpaku pada bagian setir yang mengusung bahan Urethane + Thumb Rest. Ruang odometernya, mirip Toyota Avanza lama, atau seperti Agya-Ayla.

Lalu, saluran Air Conditioner pinggir kanan-kiri dengan bentuk membulat, sementara tengah berbentuk kotak. Hadir pula empat speaker pada mobil ini.

Meski demikian, kelebihan tampak mentereng pada bagian audio yang sudah double din. Kelebihan lainnya yang patut diapresiasi adalah penjejalan Dual SRS airbag, sabuk pengaman di tiga titik, hingga baris ketiga, serta ISOFIX.

Ada pemandangan yang cukup menyita perhatian. Di baris kedua Toyota Calya, lantainya tampak menonjol, tentu akan mengganggu kaki penumpang, dan kelegaan kabin. Ini tentunya seperti sebuah kendaraan dengan penggerak roda belakang. Padahal, dari literasi yang banyak beredar, Calya dibekali penggerak roda depan.

Dari pengamatan foto di atas, baris kedua sandaran jok tampak bisa rebah dengan perbandingan 40-60 persen.

Toyota sejauh ini melalui foto brosur yang bocor mengklaim jika baris ketiga Toyota Calya memiliki ruang yang luas, termasuk urusan bagasinya. Tetapi, sejujurnya kami ragu. Sebab, tampak sempit. Tentu keraguan baru bisa dibayar lunas saat peluncuran nanti, bisa saja benar-benar luas atau justru sebaliknya.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers

Follow by Email