Pin It

11 June 2016

Cara Memilih Bibit Tanaman Anggrek

Anda tertarik dengan budidaya Anggrek dan ingin menanam bunga anggrek? Sebelum menanam bunga anggrek tentu saja Anda harus memilih bibit yang mempunyai kualitas baik. Pilihlah bibit yang siap untuk dibudidayakan biasanya bibit yang bagus adalah bibit yang telah berusia 1 tahun dan telah memiliki daun serta akar. Tanamlah bibit yang tersebut ke dalam plastik selama 3 bulan, setelah itu baru pindahkan ke dalam pot kecil dengan diameter 6 cm sampai 12 cm. Berikanlah pupuk organik selama proses pembibitan agar pertumbuhan anggrek maksimal.


Setelah 3 bulan berada di pot kecil Anda bisa memindahkan anggrek ke dalam pot yang berukuran lebih besar. Agar anggrek memiliki pertumbuhan yang sempurna dan memiliki warna bunga yang cerah.

Akar Bibit Bunga Anggrek

Setelah tiga bulan, biasanya akar akan mulai tumbuh dan seringkali sampai menyembul keluar dari tanah. Melihat keadaan ini mungkin Anda akan langsung memasukan kembali akar yang menyembul kedalam tanah. Namun, jangan lakukan hal itu, karena justru akan membahayakan tanaman anggrek yang Anda tanam. Sebaiknya yang harus Anda lakukan adalah dengan memindahkan tanaman tersebut ke dalam pot yang lebih besar.

Batang Bunga Anggrek

Sebagian tanaman anggrek kadang memiliki batang yang tinggi. Untuk menjaga batang tersebut agar tidak mudah roboh, Anda bisa menggunakan tiang penyangga pada batang. Tiang penyangga ini untuk memastikan bahwa batang anggrek tetap bisa berdiri tegak.

Tempatkan Tanaman Anggrek Pada Suhu yang Tepat

Anggrek akan tumbuh dengan baik pada lokasi yang mempunyai suhu sekitar 14 derajat celcius hingga 36 derajat celcius. Jika Anda bisa menjaga suhu secara teratur, Anda bisa melihat anggrek yang Anda tanam mengeluarkan bunga yang indah seperti yang diharapkan.

Cara Memindahkan Tanaman Anggrek

Jangan memindahkan tanaman anggrek dengan asal, sebelum mencabut bibit anggrek terlebih dahulu siapkanlah pot baru yang akan digunakan sebagai tempat baru untuk anggrek. Setelah pot baru telah siap, barulah Anda pindahkan tanaman anggrek ini. Pastikan posisinya sempurna dan tambahkan sedikit media tanam lain seperti pakis cincang.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers

Follow by Email