Pin It

14 May 2016

Perbedaan Processor Intel Dual Core Dan Core 2 Duo Yang Wajib Anda Ketahui

Sering kali kita mendengar penjual PC atau komputer rakitan menawarkan komputer dengan Prosesor Intel Dual Core atau Core 2 Duo untuk rakitannya. Namun disisi lain banyak pula pembeli PC tidak tahu bedanya dari dua macam Prosesor Intel tersebut, yang mana Pentium Dual Core, Core Duo atau Core 2 Duo. Salah satu cara yang paling aman untuk mengetahui itu, Dual Core atau Core 2 Duo akan kami bahas disini.


Perbedaan Processor Intel Dual Core Dan Core 2 Duo

Jadi apa sih perbedaan dari kedua processor tersebut? Dari info yang kami rangkum dari berbagai sumber, ada perbedaan yang cukup signifikan antara keduanya. Istilah dual core mempunyai arti bahwa dalam processor itu terdapat 2 processor (tempat kerja) dalam unjuk kerjanya. Jadi kalau satu tempat kerja kewalahan menangani satu proses akan dialihkan kesatunya lagi. Sebagai contoh anda mungkin sering mengalami suara putus-putus saat mendengarkan file mp3 dan menjalankan program lain (multitasking). Nah ini tanda-tandanya sang prosesor kewalahan.

Seiring perkembangan, ternyata proses pengalihan ini menemui masalah, karena ada dua tempat kerja dibeda lokasi. Proses komunikasi antara keduanya ada masalah juga, maka untuk menjawab itu dibuatlah penerusnya, yaitu Core 2 Duo. Di processor jenis ini, ada dua prosesor dalam satu tempat kerja dan terjadi peningkatan kinerja yang lebih optimal, karena satu kerjaan dikerjakan oleh dua processor sekaligus. Hasilnya jadi lebih cepat, hemat dan efisien, makanya Core 2 Duo diklaim lebih hemat konsumsi dayanya.

DUAL CORE (2005)

Dual Core adalah penggunaan dua buah inti (core) prosesor dalam sebuah kemasan prosesor konvensional. Dual core (inti prosesor) ditempatkan pada sebuah CPU untuk meningkatkan kinerjanya. Setiap core ini tidak lebih cepat dibanding CPU biasa dengan clockspeed yang sama, tetapi semua proses perhitungan dibagi kepada 2 inti prosesor tersebut.

Logikanya, menggunakan prosesor multi-core akan mempercepat perhitungan algoritma yang dikerjakan sebuah sistem PC. Diibaratkan, berpikir sebuah pekerjaan dengan menggunakan dua otak, tentunya pekerjaan itu akan lebih cepat selesai. Produsen prosesor terkemuka di dunia (Intel dan AMD), mengembangkan teknologi dual core ini karena tuntutan aplikasi -aplikasi yang semakin tinggi atas prosesor yang memiliki tingkat komputasi yang tinggi. Karena pengembangan prosesor dengan menggunakan satu inti sudah mulai stagnan, maka mulai dikembangkan prosesor yang memiliki inti prosesor lebih dari satu.

CORE 2 DUO

Intel Core 2 Duo merupakan bagian keluarga mikroprossesor dari Intel dan merupakan generasi kedua dari arsitektur Core. Prosessor ini dibuat dengan menggunakan teknologi 45 nanometer dari Intel dan sirkuit Hafnium yang ditanamkan didalamnya. Dengan 6 MB L2 cache dan 1333 MHz front side bus, kinerja prosesor meningkat hingga 40 persen dan efisiensi daya meningkat hingga 40 persen dibandingkan prosessor Intel generasi sebelumnya.

Inovasi Core 2 Duo

Intel Core 2 duo memiliki beberapa inovasi, yaitu:
1. Dual core processing, yang mengkombinasikan dua prosessor Core dalam satu paket dan bekerja dalam frekuensi yang sam.
2. Intel Wide Dynamic Execution, mampu meningkatkan kinerja dan efisiensi. Masing-masing inti bisa menyelesaikan hingga empat instruksi penuh secara bersamaan, 382ra.
3. Intel Smart Memory Access, meningkatkan performa sistem dengan mengoptimalkan penggunaan bandwidth data komputer yang tersedia untuk menyediakan data ke prosesor ketika dibutuhkan.
4. Intel Advance Smart Cache, menyediakan performa gemilang, dengan subsistem cache yang lebih efisien.
5. Intel Intelligent Power Capability, desain yang lebih efisien dalam penggunaan energi dan baterai yang tahan lama.
6. Intel Advanced Digital Media Boost, secara efektif menggandakan kecepatan eksekusi untuk instruksi-instruksi yang banyak digunakan di aplikasi-aplikasi multimedia dan grafis.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers

Follow by Email