Pin It

12 May 2016

Mengenal Mobil Penyapu Jalan Road Sweeper

Dalam artikel kali ini kami akan Berbagi Info mengenai Mobil Penyapu Jalanan Road Sweeper. Apa itu Road Sweeper? Road Sweeper adalah Mesin penyapu jalan. Road Sweeper milik Pemkot Solo adalah Road Sweeper pertama di Jawa Tengah yang diluncurkan Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo pada Jumat 5/7/2013. Untuk Solo, Road Sweeper pertama kali diluncurkan di kawasan Bundaran Gladag, Solo.


Mobil penyedot sampah atau Road Sweeper milik Pemkot Solo adalah buatan skotlandia itu seharga Rp 1,2 miliar. Road Sweeper mampu membersihkan debu, sampah berat berupa daun, kertas, hingga botol plastik kemasan air mineral. Road Sweeper mampu bekerja efektif dan efisien untuk membersihkan sampah. Foto dibawah ini merupakan Road Sweeper milik DKI Jakarta.


Kemampuan Road Sweeper

Setiap hari Road Sweeper tersebut mampu bekerja hingga 8 jam nonstop dengan kapasitas bahan bakar maksimal, 50 liter solar. Konsumsi bahan bakarnya, untuk pemakaian normal, 1 jam hanya menggunakan sekitar 4 liter solar.

Untuk perawatannya juga cukup mudah, karena hanya perlu membersihkan mesin penyedot dan penampung sampah setelah pemakaian.

Layaknya alat mutakhir, road sweeper mampu membuang kesan repot saat membersihkan kotoran. Cukup menggerakkan tombol dan tuas dalam kabin, sampah bisa dibersihkan sesuai arahan. Kemampuan membersihkannya pun mumpuni. Selama satu jam, mobil ini mampu menyedot sampah hingga seluas 26.650 meter persegi. Jumlah itu setara kemampuan 50 petugas kebersihan.

Cara kerja Road Sweep ini cukup unik. Dua sapu hidrolik yang berada di sayap mobil berfungsi menggiring sampah masuk mesin penyedot. Di saat yang sama, muncul cipratan air yang berfungsi menetralisasi debu saat pembersihan.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers

Follow by Email