Pin It

09 May 2016

Inilah Craig Wright Aka Satoshi Nakamoto Sang Penemu Mata Uang Bitcoin

Hallo pembaca semua, kali ini kami akan Berbagi Info misteri tentang siapa sebenarnya pencipta mata uang digital Bitcoin. Baru-baru ini, seorang pria mengaku sebagai "Satoshi Nakamoto," nama yang selama ini dianggap sebagai penemu Bitcoin. Nama "Satoshi Nakamoto" yang selama ini dianggap sebagai penemu Bitcoin, ternyata hanyalah nama samaran saja yang dipakai oleh pria berkewarganegaraan Australia bernama Craig Wright. Kepada media BBC, Wright bersikeras bahwa ia sebenarnya adalah Satoshi Nakamoto, nama samaran si pembuat Cryptocurrency yang selama ini dikenal.


Bitcoin Creator Finally Shows His Face

Mengutip Digital Trends pada Senin (2/5/2016) dalam artikel berjudul "Bitcoin Creator Finally Shows His Face" Wright telah memperlihatkan bukti-bukti yang mendukung pernyataannya tersebut kepada BBC. Bukti tersebut termasuk kunci cryptographic yang kemungkinan hanya dimiliki oleh Satoshi Nakamoto. Berikut kutipan dari Digital Trends:

"After years of speculation, the creator of Bitcoin has finally revealed his identity. Australian Craig Wright, who for a while now has been linked to the creation of the cryptocurrency, insists he’s the man behind the famous “Satoshi Nakamoto” pseudonym associated with Bitcoin’s origin.

The BBC, who reported Wright’s admission late Sunday, says the computer scientist provided the news outlet with technical proof to support his claim. This includes cryptographic keys that apparently only Satoshi Nakamoto would have, and which were used for the very first Bitcoin transaction back in 2009. “Prominent members of the Bitcoin community and its core development team have also confirmed Mr Wright’s claim,” the British media organization added."

Satoshi Nakamoto Adalah Craig Wright

Kunci itu sendiri dikatakan Wright digunakan dalam transaksi pertama Bitcoin pada tahun 2009 lalu. Tanggapan komunitas Bitcoin
Bagaimana pendapat dari komunitas Bitcoin itu sendiri? Menurut BBC, komunitas Bitcoin sepertinya mengakui klaim tersebut. "Anggota terkemuka dari komunitas Bitcoin dan tim inti pengembangannya juga telah mengonfirmasikan klaim Wright," tulis BBC.

Selain itu, Jon Matonis, salah satu pendiri ternama Bitcoin Foundation pun meyakini bahwa Wright adalah penemu Bitcoin. Hal tersebut diyakininya setelah melihat beberapa bukti yang diajukan oleh Wright.

"Pada sesi pembuktian di London, saya memiliki kesempatan untuk mengulas data relevan pada tiga hal yang berbeda: cryptographic, sosial, dan teknis," tutur Matonis. "Ini adalah keyakinan saya bahwa Craig Wright telah memenuhi ketiga kategori tersebut," imbuhnya.

Mengapa Baru Sekarang Satoshi Nakamoto Mengaku Craig Wright?

Kepada media BBC, Wright sayangnya tidak terlalu jelas mengungkapkan alasan, mengapa baru membuka jati dirinya saat ini. "Saya tidak memutuskan. Saya memiliki orang-orang untuk menentukan masalah ini bagi saya. Dan mereka membuat tidak membuat hidup sulit bagi saya, tetapi bagi teman, keluarga, dan karyawan saya," ujar Wright.

"Dan saya tidak mau mereka terpengaruh akan hal ini. Jadi saya akan melakukan ini sekali dan hanya sekali, saya hanya akan muncul sekali di depan kamera, dan tidak akan muncul lagi untuk stasiun televisi mana pun atau media apa pun," imbuhnya.

Dalam wawancara tersebut, Wright juga mengaku akan menolak semua hadiah atau penghargaan yang mungkin akan diterimanya di masa yang akan datang terkait dengan Bitcoin.

Sumber: Digital Trends: Bitcoin Creator Finally Shows His Face
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers

Follow by Email