Pin It

14 May 2016

Hoby Unik Pemburu Suara Klakson Telolet Bus, Dim Dan Strobo Bus

Kali ini kami akan Berbagi Info unik dan menarik yakni fenomena sosial yang sedang melanda anak-anak untuk mengisi waktu luang. Mereka merekam laju bus di jalan raya dengan telepon selulernya untuk mendapatkan bunyi klakson telolet dari sang sopir bus kini menjadi tren. Mereka lalu mengunggah rekamannya ke media sosial, mulai dari Facebook sampai YouTube.


Ada juga acara kontes klakson telolet sepertti yang diadakan oleh Bismania Community saat Jamnas BMC 2016 di Ajibarang, Banyumas, Jawa Tengah. Video bisa dilihat Di Sini


Acungkan Jempol Minta Dim Dan Telolet

Bila ada bus yang melintas, mereka akan merekam moment melintasnya bus tersebut sambil mangacungkan jembol tangan berharap akan direspons oleh sang sopir bus dengan klakson teloletnya yang khas. Tak jarang aksi remaja tanggung ini direspons langsung oleh sang sopir dengan memberikan lampu dim atau klakson telolet. Dan inilah klimaks dari aksi mereka. Sebuah kepuasan batin tak terkira ketika sang sopir bersedia memberikan teloletnya. Para belia ini kemudian mengunggah hasil hunting mereka ke akun sosial media mereka untuk dipamerkan kepada khalayak ramai. Tapi tak jarang pula sang sopir cuek dengan aksi mereka dan lebih memilih berkonsentrasi dengan busnya.

Aksi para ‘pemburu cilik’ ini bisa Anda temui di sepanjang jalan di Wonogiri, Karanganyar dan Solo yang dilalui bus-bus jurusan Jabodetabek. Di area terminal Giri Adipura Wonogiri, barangkali menjadi satu spot favorit mereka, sebab di terminal inilah bus-bus besar tersebut singgah dan berhenti barang 15–20 menit untuk menunggu penumpang. Di sinilah mereka bisa melancarkan aksi memotretnya.

Sopir Bus Enjoy saja Dengan Para Pemburu Suara Klakson Telolet

Sebagian sopir bus sudah paham apabila ada orang yang memasang ponsel berkamera ataupun sekedar memberikan tanda dengan tangan, bahkan meneriakinya.

Sebagian dari pengemudi bus merasa senang saja tidak dan tidak terganggu, senang ada yang memerhatikan. Selama mereka masih bersikap sopan dan tidak melakukan tindakan berbahaya tidak masalah.

Kode Etik Pemburu Suara Klakson Telolet

Aktivitas para pencinta klakson "telolet" saat berburu diakui terkadang membahayakan keselamatan jiwa, baik untuk dirinya sendiri maupun pengemudi dan penumpang bus yang direkam.


Beberapa aturan atau semacam kode etik bagi pencinta klakson telolet saat merekam laju bus yang mereka inginkan. Salah satunya adalah dilarang merekam video dengan lampu flash menyala. Jika diabaikan, hal itu akan membahayakan bagi sopir bus bersangkutan, seperti kaget atau mengganggu pandangan sopir.

Aturan lainnya, selain dilarang terlalu dekat dengan jalan raya dan dilarang merekam video dengan lampu flash menyala, adalah dilarang meminta sopir membunyikan klakson telolet dan lampu dim, baik secara lisan maupun isyarat kepada sopir bus. Aturan yang satu ini, cukup sulit dikendalikan apalagi jika mereka sudah berjam-jam mangkal, tetapi belum berhasil merekam klakson telolet. "'Pak minta teloletnya Pak', itu enggak boleh. Pakai isyarat pun juga enggak boleh, tetapi kadang ada yang mbandel juga.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers

Follow by Email