Pin It

05 May 2016

6 Cara Ampuh Memulai Bisnis Tanpa Modal

Artikel kali ini kami akan Berbagi Info cara memulai bisnis tanpa modal. Menjadi seorang wirausaha adalah sebuah perjalanan karir yang cukup diminati, terutama oleh kalangan muda saat ini. Banyak orang ingin membuka usaha mereka sendiri dibandingkan dengan bekerja dalam sebuah perusahaan, di mana pekerjaan, tantangan, dan gaji yang didapatkan bisa dikatakan sebagai sebuah hal yang pasti dan terukur. Minat menjadi wirausaha yang semakin banyak dimiliki oleh dewasa muda ini merupakan tanda yang baik untuk Indonesia karena semakin banyak orang yang menjalankan wirausaha, perekonomian Indonesia bisa terbantu untuk semakin maju.

Sebagian orang yang berminat menjalankan wirausaha mungkin masih berpikir ulang mengenai usaha apa yang akan mereka rintis. Hal ini berhubungan dengan modal yang harus dikeluarkan pada awalnya untuk membangun bisnis mereka mulai dari produksi hingga promosi. Memang rasanya mustahil untuk bisa bekerja tanpa memiliki modal, namun bukan berarti tidak ada usaha yang bisa Anda lakukan untuk menjadi seorang wirausahawan atau pebisnis tanpa modal atau setidaknya modal yang relatif kecil.


Lantas, apa saja cara yang bisa ditempuh untuk merintis bisnis tanpa modal tersebut, atau setidaknya modal yang relatif kecil? Berikut adalah beberapa tips dan jurus yang bisa Anda terapkan dalam menjadi pebisnis tanpa modal.

1. Jika Anda merasa diri Anda cukup kreatif dan menyukai hal-hal baru, Anda bisa memulai usaha Anda dengan menciptakan produk sesuai dengan keahlian dan kreativitas Anda. Memang akan membutuhkan modal untuk membeli atau mendapatkan bahan baku.

Akan tetapi, dalam membuat produk sendiri Anda akan lebih untung karena akan terdapat cukup banyak biaya yang bisa ditekan dengan mengerahkan usaha dan tenaga Anda sendiri. Anda juga disarankan untuk mendaftarkan produk Anda agar memiliki hak paten sehingga kreatifitas Anda tetap terjaga dan bisa diapresiasi.

Jika Anda merasa cukup kreatif untuk memproduksi barang namun kurang memiliki kemampuan dalam marketing, Anda bisa bekerja sama dengan distributor untuk memasarkan atau coba bekerja sama dengan toko yang dirasa berpotensi untuk mendapat konsumen.

2. Tidak memiliki kreativitas cukup untuk memproduksi barang? Jadilah seorang reseller dengan menjual kembali barang-barang produksi orang lain kepada konsumen. Pekerjaan ini cukup cocok dengan Anda yang berjiwa supel serta memiliki relasi cukup luas sehingga Anda akan lebih mudah mendapatkan konsumen atau menjalin relasi promosi dengan pihak dan jaringan yang lebih luas.

3. Pilihan lain selain menjadi seorang reseller adalah membantu menemukan orang yang membutuhkan produk dengan orang yang memiliki kreativitas dalam memproduksi produk tersebut. Dengan pola kerja yang sama, Anda bisa menjadi agen pemasar bagi produsen untuk dikenalkan dan dipasarkan hingga sampai ke tangan konsumen. Keuntungan yang bisa Anda dapatkan berdasarkan perjanjian dengan produsen, biasanya dalam bentuk persentase pembagian keuntungan penjualan.

4. Jasa juga bisa menjadi produk yang diinginkan oleh konsumen. Jika Anda memiliki kemampuan di bidang jasa seperti mengajar atau memberikan layanan konsultasi. Mengapa tidak Anda beri harga untuk kemampuan Anda sendiri?
Lagi pula, semakin banyak orang yang membutuhkan produk jasa sehingga momen ini cukup tepat bagi Anda yang memiliki kemampuan lebih dalam bidang jasa.

5. Memiliki ide bisnis namun tidak memiliki modal? Cari investor! Mencari investor itu mudah, yang sulit adalah membangun kepercayaan antara Anda dengan investor sehingga mereka mau membiayai modal usaha Anda dan mereka sendiri mendapatkan keuntungan dari apa yang mereka berikan pada Anda. Kemampuan negoisasi dan komunikasi menjadi hal yang sangat penting dalam tips ini.

6. Sistem dropship juga bisa menjadi pilihan bisnis tanpa modal besar yang bisa Anda lakukan. Hampir sama seperti reseller, namun Anda tidak perlu meluangkan tempat untuk menampung barang dagangan.

Tugas Anda hanyalah mendapatkan konsumen yang memberikan pesanan lantas memberikan pesanan tersebut pada pemilik barang untuk dikirimkan langsung ke alamat konsumen. Cara kerja yang cukup praktis dan banyak diminati oleh kalangan ibu rumah tangga serta mahasiswi saat ini.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers

Follow by Email