Pin It

08 April 2016

Manfaat Bisa Ular Dalam Dunia Medis

Dalam kesempatan ini, kami masih akan Berbagi Info kesehatan yakni Manfaat Bisa Ular Dalam Dunia Medis melanjutkan dua artikel sebelumnya. Ular kobra merupakan salah satu jenis ular yang paling ditakuti karena bisanya yang sangat beracun. Bisa ular sering disalah pahami sebagai penyebab fatal hilangnya nyawa manusia. Namun kenyataannya, bisa ular juga digunakan dalam berbagai keperluan yang menyangkut penyelamatan nyawa manusia, seperti pengaturan tekanan darah dan stimulasi transmisi impuls saraf atau otot. Bisa ular berbisa telah diketahui bermanfaat untuk pengobatan kanker.


Manfaat Bisa Ular Untuk Kesehatan

Bisa ular dimanfaatkan sebagai obat alternatif untuk beragam penyakit memang bukanlah hal yang baru. Pemanfaatan bisa ular sebagai obat sebenarnya sudah digunakan sejak jaman perang dunia oleh para prajurit dalam menghindari penyakit seperti malaria.

Para prajutit ini sering bergerilaya masuk hutan, melewati rawa-rawa dan menyeberang arus sungai sehingga memerlukan stamina prima dalam melakukan perang gerilya ini. Mereka para prajurit perang ini selalu mengkonsumsi bisa ular yang berupa serum sehingga kekebalan tubuh tetap terjaga dari gigitan nyamuk dan ular berbisa.

Kini manfaat bisa ular sebagai obat beragam penyakit semakin diakui oleh para ahli farmasi dan medis. Bisa ular yang diolah menjadi serum sangat berkhasiat. Serum inilah yang kemudian dapat dikonsumsi oleh semua orang, baik yang menderita penyakit serius atau hanya untuk ketahanan tubuh dari gigitan binatang berbisa.
Beberapa penderita penyakit serius seperti penyakit diabetes, penyakit jantung dan stroke terbukti banyak yang telah memperoleh khasiat serum ular berbisa.

Bisa Ular Sebagai Obat Kanker

Pada bisa ular terdapat sekitar 20 jenis enzim yang berbeda-beda tergantung pada jenis ularnya. Walaupun berbahaya, bila digunakan dalam dosis yang tepat enzim-enzim ini dapat digunakan bagi kepentingan manusia.

Salah satu contoh enzim yang terdapat di dalam bisa ular adalah proteinase. Proteinase dapat menyebabkan kematian jaringan kulit dan otot dalam waktu singkat. Akan tetapi, berdasarkan sebuah penelitian di Australia, pada dosis yang sesuai, enzim proteinase dapat menyembuhkan Kanker.

Bisa Ular Mencegah Terjadinya Serangan Jantung dan Stroke

Salah satu enzim lainnya yang juga terdapat dalam bisa ular adalah enzim kolinesterase. Enzim ini sebenarnya berfungsi untuk menyerang sistem saraf dan membuat otot-otot di tubuh mangsa menjadi lemah. Akan tetapi, pada dosis tertentu enzim ini dapat digunakan untuk mencegah terjadinya serangan jantung dan stroke.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers

Follow by Email