Pin It

01 April 2016

Ini Mitos Yang Berhasil Menipu Kita

Sejak kecil kita seolah sudah dijejali dengan mitos-mitos tidak jelas oleh para orang tua atau teman-teman yang usianya lebih tua. Contoh, kalau kita menelan biji buah, maka di dalam perut kita akan tumbuh pohon buah tersebut. Sungguh tidak masuk akal, bukan? Nah, kali ini kita akan membahas tentang enam mitos populer yang selama ini Anda percayai, tapi sebenarnya salah.


1. Alkohol Membuat Tubuh Hangat

Banyak orang-orang yang mengonsumsi alkohol beralasan kalau mereka minum alkohol supaya tubuh mereka hangat. Bagi mereka, mungkin hal itu benar-benar bisa terjadi. Tapi justru mengonsumsi alkohol sebenarnya bisa membuat suhu tubuh Anda menurun. Mitos alkohol bisa membuat suhu tubuh menjadi lebih hangat tidak sepenuhnya salah. Pasalnya selama seseorang mengonsumsi alkohol, pembuluh darah di dekat permukaan kulit akan membesar. Hal inilah yang akan memberikan kesan hangat.

2. Vaksin Menyebabkan Autisme

Pernah muncul mitos mengenai vaksin yang dianggap bisa membaut seseorang autis. Namun setelah ditelusuri, mitos tersebut sama sekali tidak benar. Vaksin diberikan kepada seseorang dengan tujuan positif, yakni membuat tubuh lebih kuat dari serangan penyakit. Mitos tersebut sudah tersebar luas, namun itu dianggap sebagai penipuan dan informasi yang sudah dimanipulasi.

3. Garam Membuat Air Cepat Mendidih

Banyak orang yang sudah melakukan mitos ini. Dan entah mengapa, banyak juga yang berhasil dan kemudian menyebarkan informasi tersebut kepada orang lain. Namun faktanya, secara ilmiah garam tidak bisa membuat air lebih cepat mendidih. Paslanya garam menciptakan titik didih air, dan itu berarti jika Anda merebus air dicampur dengan garam, maka justru akan menyebabkan air lebih lama mendidih.

4. Mencukur Kumis atau Jenggot

Bagi Anda yang memiliki kumis atau jenggot, pasti Anda pernah mendengar tentang mitos mencukur kumis atau jenggot akan menyebabkan dua bulu itu akan lebih cepat tumbuh. Tapi jika Anda mengukur tingkat pertumbuhan kumis atau jenggot Anda setiap habis dicukur, pasti tidak akan ada perbedaan. Selain itu ada juga mitos yang menyebutkan kalau kumis atau jenggot dicukur habis, tumbuhnya pasti akan semakin lebat.

5. Kafein Menyebabkan Dehidrasi

Bagi Anda yang suka minum kopi, disarankan untuk tidak terlalu banyak minum kopi dalam sehari. Bukan karena bisa menyebabkan dehidrasi, itu mitos. Meskipun punya sedikit efek diuretik, tapi kafein tidak akan membuat tubuh sampai dehidrasi. Mengonsumsi kopi yang notabene mengandung kafein justru bisa meningkatkan tekanan darah pada orang yang menderita darah rendah. Asal jangan diminum secara berlebihan karena justru bisa mengakibatkan darah tinggi atau hipertensi.

6. Menunggu 24 Jam untuk Melaporkan Orang Hilang

Selama ini mungkin Anda sudah dijejali dengan adegan di sinetron ataupun film yang katanya harus menunggu sampai 24 jam untuk melaporkan orang hilang. Sebelum 24 jam tokoh di sinetron atau di film tersebut pasti terlihat cemas dan menunggu kabar. Tapi faktanya, Anda bisa melaporkan peristiwa orang hilang kapan saja tanpa harus menunggu 24 jam terlebih dahulu. Coba bayangkan kalau orang hilangnya karena diculik. Apakah harus menunggu sampai 24 jam? Tidak, kan?

Ya, itu tadi adalah enam mitos populer yang sering diucapkan oleh banyak orang dalam keseharian. Namun ternyata, tidak semua diantara keenam mitos tersebut benar. Ada penjelasan yang membuat mitos tersebut hanya menjadi sekadar wacana. Sekian dan semoga bermanfaat.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers

Follow by Email