Pin It

15 April 2016

Dengan Perizinan Online Koperasi, Diharapkan Muncul Banyak Koperasi Baru

Kementerian Koperasi dan UKM terus mendorong terciptanya koperasi baru di seluruh Indonesia guna meningkatkan perekonomian dan juga menekan angka pengganguran di Indonesia. Salah satu cara yang ditempuh adalah meluncurkan perizinan koperasi secara online. "Intinya prosesnya yang kita sederhanakan, standarisasi, dan kita percepat. Proses atau mekanisme online ini memudahkan kita untuk memfasilitasi masyarakat yang ingin mendirikan koperasi," kata Deputi Bidang Kelembagaan Kementerian Koperasi dan UKM Croirul Djamhari dalam acara Launching Pengesahan Akta Pendirian Koperasi Secara Online di Gedung Kementerian Koperasi dan UKM, Kuningan Jakarta, Jumat (15/04/2016).


Teknisnya, dengan sistem online ini, seluruh dokumen yang diperlukan untuk mendirikan koperasi cukup di unggah di website www.sisminbhkop.id

Selanjutnya notaris yang telah ditunjuk oleh Kemenkop akan melakukan verifikasi dan mengecek kelengkapan data yg telah diunggah. Tahapan akhir adalah Surat Keputusan pengesahan koperasi bisa didapatkan secara online lewat notaris.

Dengan demikian, pengurusan badan hukum akan lebih cepat dan pendiri koperasi tidak perlu datang langsung ke kantor Kementerian Koperasi dan UKM untuk pengurusan badan hukum koperasi. Dengan adanya sistim online ini Kementerian Koperasi dan UKM berharap akan ada seribu koperasi baru di seluruh Indonesia.

Sumber: Kompas.com
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers

Follow by Email