Pin It

12 April 2016

Cara Mudah Beternak Entok

Dalam artikel kali ini, kami akan Berbagi Info Cara mudah ternak entok untuk usaha rumahan untuk menambah penghasilan keluarga. Cara Ternak Entok atau budidaya entok hampir sama dengan peternakan unggas lainnya. Bahkan, entok ini lebih mudah dikembangkan karena bisa diternak di belakang rumah Anda. Ternak entok ini memiliki keuntungan yang lumayan. Untuk mengawali usaha rumahan ternak entok, kami sarankan untuk membeli anak entok umur sehari (day old duck-DOD) seharga Rp 3.000 per ekor. Selama masa pemeliharaan, entok mudah dikontrol. Hanya pada umur 1—21 hari saja yang harus dipantau secara rutin karena fase ini sangat rawan mati. Jika berhasil melewati fase tersebut, jumlah kematian di bawah 10%. Biaya pakan entok juga tidak terlalu besar, cuma mencapai Rp 150/hari/ekor. Bila dibandingkan biaya pakan itik yang menghabiskan Rp 280/hari/ekor, maka biaya pakan entok jelas lebih murah. Jika Anda penasaran dengan cara dan tips melakukan usaha rumahan ternak untuk jenis unggas satu ini, kami akan mengulasnya untuk Anda.


Cara Mudah Ternak Entok

1. Persiapan Kandang

Kandang menjadi tempat tinggal untuk entok Anda. Maka dari itu, harus disiapkan dengan cukup matang. pembuatan kandangnya sangat mudah, Anda hanya perlu tempat makan di dalam kandang. Ketinggian kandang usahakan cukup tinggi dan dibuat dari jaring dipadukan dengan bambu. Ketinggian kandang ini dimaksudkan agar bebek tidak terbang dan lari dari kandang. Kemudian, kandang yang terbaik untuk anak entok adalah kandang battery. Anak entok ini biasa disebut juga meri.

2. Pakan dan Perawatan Entok

Dalam kandang battery, tempatkan meri bersama dengan induknya selama 1 hingga 2 hari. Tujuannya adalah agar meri dapat menyesuaikan diri dengan cara memakan pakan yang Anda siapkan. Induknya akan secara alami mengajari anaknya. Jangan lupa untuk melengkapi kandang battery dengan lampu yang memiliki daya 5 hingga 10 watt. Kemudian di dalam kandang tersebut masukkan juga wadah minum karena mereka senang dengan nyosor atau makan. Soal pakan, entok senang sekali makan. Bahkan, induk entok bisa makan setengah kilogram dedak dalam sehari.

Sangat mudah mencari pakan untuk entok. Seperti dedak, bekatul, dan yang lainnya. Bahkan entok juga suka memakan sayuran, jagung, dan yang lainnya.

Cara memberi pakan

Berikut ukuran dan waktu memberi makanan yang bisa Anda antara lain:

1. Usia 1 sampai 2 minggu dikasih makan konsentrat starter
2. Campurkan konsentrat starter dengan pakan induk untuk Minggu selanjutnya
3. Induk entok bertelur lagi setelah 1 bulan dipisahkan dari anaknya

3. Vaksinasi

Perawatan entok tidak hanya dilakukan untuk pakannya saja, lebih dari itu, Anda harus memperhatikan bagaimana kesehatan entok yang Anda kembang biakkan. Akan sangat baik jika entok ini divaksinasi agar kebal terhadap penyakit. Meski dibanding unggas lain, entok dikenal memiliki ketahanan tubuh yang lebih kuat, akan sangat baik jika dikasih vaksin untuk menangkal pilek. Karena satu-satunya virus yang mudah terjangkit adalah virus flu dan pilek, vaksin Vitachicks bisa jadi pilihan.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers

Follow by Email