Pin It

11 April 2016

7 Tanda Gejala Tifus

Cuaca yang tidak bersahabat, berakibat banyak orang kini terserang penyakit tifus. Hal ini karena banyak yang tidak menyadari tanda-tanda peringatan dini sebelum terserang tifus. Berikut 7 tanda peringatan terserang tifus sebagaimana dikutip Thehealthsite, Senin (11/4/2016).


Demam Tinggi

Setelah bakteri penyebab tifus masuk ke sistem organ, tubuh akan meningkatkan suhu sebagai pertahanan utama. Perubahan khas pola demam merupakan indikator kunci dari penyakit tifus. Demam disertai dengan menggigil dan suhu terus naik selama 2-3 hari. Mungkin ada variasi suhu, tetapi biasanya demam dapat bertahan selama 2 minggu.

Sakit Kepala

Karena suhu tubuh terus naik, biasanya ini akan disertai dengan sakit kepala. Sakit kepala merupakan gejala umum dari demam yang naik dan turun sepanjang hari.

Kelesuan

Peningkatan suhu tubuh mengaktifkan enzim pencernaan. Jadi, Anda mungkin tidak merasa lapar dan merasa kenyang. Kehilangan nafsu makan menyebabkan kelemahan, kelelahan dan perasaan lesu.
Bintik berwarna merah
Satu minggu setelah gejala, pemeriksaan fisik dengan teliti dapat mengungkapkan bintik aneh di dada dan perut. Biopsi dari daerah ini, karena itu dapat menunjukkan adanya patogen.

Diare dan muntah

Sebagian besar pasien tifus mengalami diare. Bahkan, penyakit ini mungkin hadir sebagai kasus yang khas dari gastroenteritis. Radang selaput perut dapat menyebabkan perdarahan gastrointestinal yang mengakibatkan BAB berdarah. Di beberapa kasus, muntah juga sering dialami oleh pasien tifus.

Sakit Perut

Dengan mengalami diare dan muntah-muntah, sakit perut dan kram juga akan muncul. Invasi dinding lambung oleh patogen dapat menyebabkan sakit parah.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers

Follow by Email