Pin It

01 February 2016

Pesona Kecantikan Bonggol Adenium

Bonggol-bonggol adenium memang terlihat seksi bak seorang model yang berjalan di atas catwalk. Adenium berbonggol indah itu pantas dijuluki tanaman hias yang eksotis. Tanaman yang akrab disapa kamboja Jepang ini memang tak ada matinya, masih saja menjadi primadona. Apalagi jika ia punya bonggol yang indah dan meliuk. Wajar bila adenium masih digemari sejumlah penghobi. Harganya bisa ratusan ribu, bahkan jutaan per pot. Apalagi bila ia memiliki bonggol indah yang meliuk, menekuk, membulat, dan membengkak, harganya bisa mencapai Rp 2 – 3 juta per pot. Adenium (Plumeria Acuminate Varadenium) dikenal juga dengan nama kamboja Jepang. Namun, kendati ada embel-embel ‘Jepang’ di belakang namanya, ia bukan dari Jepang, melainkan Afrika. Di tanah asalnya, adenium hidup di padang pasir.



Daya adaptasi serta keindahan adenium membuat tanaman ini bisa survive hingga hari ini. Terutama warna-warni bunga nya ketika mekar, rasanya sulit untuk menyingkirkan nya begitu saja. Nah, bagi sobat-sobat sekalian pecinta tanaman hias, ada sedikit tips nieh untuk membuat adenium sobat agar terlihat semakin indah. Terutama pada bagian bonggolnya, dengan tampilan bonggol yang besar atau kepang akar yang eksotis tentu akan menambah keindahan adenium.

Cara memperbesar bonggol adenium

1. Siapkan bahan adenium yang sehat, biasanya ukuran diameter bonggol sudah memasuki 10 cm

2. Angkat adenium dari potnya, lakukan dengan perlahan-lahan dengan hati-hati.

3. Potong bagian bonggol tepat di bagian terbesar

4. oleskan pasta gigi pada bagian bekas potongan tersebut dan diamkan selama 10 menit

5. Setelah itu beri obat perangsang akar atau torron F

6. Tanam kembali tanaman adenium sobat.

Agar hasilnya maksimal, sebisa mungkin untuk mengubah media tanam adenium. Yaitu tanah kompos yang dikombinasi dengan sekam padi sebagai media tanam. Dengan perawatan yang maksimal tentu adenium sobat akan terlihat semakin indah. Sobat juga bisa menggunakan pot-pot besar sedari dini agar ketika bonggol nya membesar, sobat tidak perlu pusing memindahkan ke pot yang besar. Jika sobat agak ragu dengan penggunaan pasta gigi, sobat juga bisa menggantinya dengan kapur sirih.

Untuk sobat-sobat yang masih pemula atau masih agak ragu, sobat bisa eksperimen terlebih dahulu dengan adenium yang biasa. Setelah sobat paham dan yakin, barulah sobat terapkan cara tersebut ke adenium kesayangan sobat.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers

Follow by Email