Pin It

20 February 2016

Misteri Tanjakan Cinta Ranu Kumbolo Gunung Semeru

Misteri Tanjakan Cinta ini bukanlah sebuah jalan Raya melainkan sebuah jalan pendakian di Gunung Semeru Jawa Timur. Tanjakan cinta Gunung Semeru memang sangat fenomenal di kalangan para pendaki. Mitos dan cerita misteri tanjakan cinta Gunung Semeru memang sering dibicarakan oleh para pencinta alam khususnya mereka yang mempercayai hal-hal semacam itu. Salah satu gunung di wilayah Jawa Timur ini memang akrab dengan cerita misterius mulai dari jalur pendakian, sejarah asal usul hingga keangkeran arcopodo yang berada di salah satu kawasan pos pendakian.


Tanjakan ini bernama Tanjakan Cinta karena adanya legenda tragis pendaki perempuan. Konon ada sepasang kekasih yang sudah bertunangan mendaki Gunung Semeru bersama. Sang pria berjalan di depan namun karena terlalu bersemangat sang pria mendaki hingga ke puncak gunung tanpa menoleh sedikit pun ke belakang. Sementara sang kekasih sangat kelelahan dan ia akhirnya pingsan jatuh terguling hingga akhirnya meninggal dunia. Legenda ini membuat beberapa pendaki percaya jika mendaki melalui tanjakan cinta ini maka anda tidak boleh menoleh ke belakang. Jika kita menoleh kebelakang maka hubungan cinta dengan kekasih akan putus namun sebaliknya jika berhasil mendaki sampai puncak tanpa menoleh ke belakang cinta kita akan langgeng.

Tanjakan ini sangat sulit di lalui karena sudut kemiringannya mencapai 45 derajat serta cuaca dingin membuat para pendaki sulit untuk tidak berhenti di tengah jalan dan menoleh ke belakang. Apalagi ditambah pemandangan di belakang tanjakan sangat indah. Jika berhasil melalui ini para pendaki akan melihat pemandangan lebih indah lagi dimana pemandangan danau cantik Ranu Kumbolo dan padang Lavender menanti di puncaknya.

Ranu Kumbolo salah satu keindahan alam yang terdapat di lereng gunung Semeru, berada diketinggian 2.400 mdpl ini menyimpan banyak sekali eksotisme. Selain keindahan alamnya, Ranu Kumbolo juga menyimpan banyak sekali mitos.

Ranu yang berarti danau dan kumbolo berarti berkumpul, danau untuk tempat berkumpul. Hal ini bisa dilihat bahwa di Ranu Kumbolo dijadikan tempat berkumpulnya para pendaki untuk beristirahat atau bermalam sebelum melanjutkan pendakian ke puncak gunung Semeru atau Mahameru.


Itulah misteri tanjakan cinta yang berada di Gunung Semeru, terlepas dari mitos yang berkembang dari tanjakan itu, kita memang harus hati-hati untuk melaluinya. Pada dasarnya hidup, mati dan jodoh seseorang di tentukan oleh sang pencipta kita.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers

Follow by Email