Pin It

21 February 2016

Misteri Arcopodo Gunung Semeru

Jika Anda pernah mendaki gunung Semeru, salah satu gunung yang menjadi primadona bagi para pencinta alam ini mungkin tidak asing lagi dengan lokasi Arcopodo. Sebutan arcopodo merupakan gabungan dari 2 kata bahasa jawa yakni “arco” dan “podo” yang masing-masing memiliki makna “arca” dan “sama”. Dengan kata lain arcopodo merupakan sebutan bagi dua buah arca yang terdapat di wilayah lereng gunung semeru dan memiliki bentuk kembar satu dengan yang lainnya.

Legenda tentang kisah Mahameru yang kemudian membuat nama semeru akrab disebutkan bagi gunung ini memang sangat terkenal hingga saat ini dengan berbagai cerita tentang misteri gunung semeruyang melegenda.

Sebuah sumber menyatakan bahwa di tempat tersebut dulunya terdapat abdi dalem dari kerajaan Majapahit yang singgah dan membuat dua buah arca sebagai bukti bahwa pada saat itu masyarakat setempat merupakan penganut agama Hindu serta kerap melakukan pemujaan di tempat tersebut.

Keberadaan Arcopodo rupanya hingga kini masih membuar rasa penasaran bagi siapa saja yang ingin memecahkan misteri tersebut. Sebagian besar para pendaki yang pernah melakukan pendakian ke lereng gunung semeru hingga ke pos arcopodo mengaku tidak dapat menemukan keberadaan arca kembar ini.


Namun demikian sebagian lagi menganggap bahwa mereka yang tidak menemukan keberadaan arca tersebut karena mereka kurang jeli dalam berekplorasi. Selain hal tersebut para pendaki yang pernah menemukan lokasi dimana tempat arcopodo tersebut menuturkan bahwa lokasi terdapatnya arcopodo sangat jauh dari jalur pendakian maupun pos arcopodo sendiri. Mustahil bagi para pendaki akan menemukan lokasi tersebut tanpa panduan dari penduduk setempat.

Kita lupakan sejenak mengenai lokasi keberadaan arcopodo. Lebih lanjut konon posisi dan kondisi arcopodo tersebut sangat aneh bagi siapa saja yang melihatnya.

Sebagian orang merasa melihat arca tersebut berdiri tegak namun sebagian lagi beranggapan bahwa arca itu duduk bersila. Lain cerita lagi terdapat beberapa pendaki yang sama-sama melihat namun sebagian melihatnya tanpa adanya kepala dan sebagian lainnya melihat arcopodo utuh lengkap dengan kepala layaknya arca pada situs-situs bersejarah khususnya peninggalan kebudayaan Hindu.

Demikian cerita misteri arcopodo gunung semeru yang kerap diperbincangkan di kalangan pendaki.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers

Follow by Email