Pin It

10 February 2016

Kandungan Dan Manfaat Kacang Hitam

Kacang hitam merupakans salah satu jenis kacang-kacangan sederhana yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan juga kecantikan. Kacang hitam ini memiliki nama ilmiah Phaseolus Vulgaris. Kacang hitam memang memiliki warna yang hitam dan mengkilap. Meskipun warnanya gelap hitam, namun memiliki manfaat yang tinggi dan baik untuk kesehatan. Bahkan dikatakan kacang hitam memiliki manfaat lebih besar dari kacang hijau. Seperti dapat mencegah kanker, menjaga kesehatan sistem kardiovaskular, menjaga kestabilan gula darah, menjaga sistem pencernaan, menjaga kesehatan janin, dan masih banyak lagi.


Mungkin anda bertanya-tanya, apa saja kandungan yang ada didalam kacang hitam sehingga memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan seseorang dan bahkan kesehatan janin dalam kandungan juga. Kandungannya diantaranya yaitu molibdenun dan folat. Selain itu, berikut ini beberapa kandungan kacang hitam yang wajib anda ketahui: 

1. Serat

Kandungan serat yang melimpah pada kacang hitam ini mampu memperbaiki fungsi pencernaan dan juga mencegah sembelit. Kacang hitam memiliki kandungan serat sekitar 15gr per mangkuk kacang hitam masak. Kacang hitam ini juga dilengkapi dengan serat larut yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol serta menstabilkan kadar gula darah dalam tubuh.

2. Protein

Kacang hitam juga sangat kaya akan kandungan proteinnya. Sangat baik untuk dikonsumsi para vegetarian yang sedang dalam masa diet. Selain kandungan protein, kacang hitam juga mengandung lemak tersaturasi dan tidak terdapat kolesterol. Konsumsi secara rutin juga akan dapat memenuhi asupan asam amino yang dibutuhkan serta menganti asam amino yang rusak.

3. Antioksidan

Antioksidan dalam kacang hitam sangatlah tinggi. Dan bahkan lebih tinggi dari jenis kacang-kacangan lainnya. Itu sebabnya kacang hitam mampu menetralisir sel-sel perusak akibat radikal bebas. Bukan hanya itu saja, kandungan antioksidan dalam kacang hiram mampu menurunkan resiko penyakit jantung, kanker, dan penyakit kronis lainnya yang siap mengintai.

4. Nutrisi mikro

Kacang hitam juga kaya akan nutrisi mikronya. Mengkonsumsi kacang hitam secara rutin mampu membantu meningkatkan kadar zat besi dalam tubuh. Per mangkuk kacang hitam mengandung sekitar 3,6 mg zat besi. Hal ini dapat mencegah anemia. Kacang hitam juga memiliki kandungan kalsium yang tinggi dan bahkan mencapai 46 mg per mangkuk. Serta sekitar 611 mg potasium. Dan kandungan magnesium, folat, zinc, dan fosfor juga merupakan jenis nutrisi mikro lainnya yang terdapat dalam kacang hitam.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers

Follow by Email