Pin It

12 February 2016

Blogger Profesional Raih Uang Jutaan Dari Monetisasi Blog

Untuk diketahui, penghasilan tambahan/tetap yang dapat diraup melalui monetisasi blog dapat mencapai jutaan rupiah setiap bulannya. Upaya yang bisa dilakukan untuk monetisasi blog a.l. memasang iklan, mempromosikan produk atau jasa, dan sebagainya. Terdapat banyak sarana penyedia iklan di media daring, yang menjanjikan penghasilan yang cukup menggiurkan. Salah satu yang paling terkenal adalah Google AdSense. Ada pula IklanBlogger, Sitti, Chitika, Kliksaya, IDBlogNetwork, dan sebagainya.

Pendapatan dari sponsor atau iklan diblogpun bervariasi, tergantung kreativitas dan kualitas halaman masing-masing pengguna. Blog yang biasa-biasa saja, bisa menggaet penghasilan antara Rp50.000-Rp1 juta/bulan atau bahkan lebih. Namun, untuk blog yang digarap dengan serius, selaluupdate, dan memiliki konten yang berkualitas, pendapatan per bulannya dapat menembus antara Rp3 juta-Rp20 juta. Penghasilan itu tidak termasuk konten lain seperti penulisan artikel atau review produk.



Artikel yang cukup baik biasanya dibanderol antara Rp5.000-Rp10.000 per artikel, dengan muatan setidaknya 200-250 kata. Jika artikel yang ditulis sangat baik, presisi, dan presklar, pendapatan yang diraup per tulisan bisa mencapai Rp15.000-Rp50.000.

Salah satu blogger Indonesia, Diana Rikasari, mengatakan kehadiran komunitas maupun perusahaan-perusahaan pengembang blog di Tanah Air adalah sebuah terobosan yang dapat menumbuhkan female blogger, tidak hanya dari sisi jumlah tapi juga kemampuan individu.

Bagi saya, hal ini dapat memacu female blogger untuk terus mengasah kemampuannya dalam menulis dan menyajikan visual yang informatif serta otentik bagi pembacanya. Menjadi blogger sekarang tidak lagi sekadar hobi, tapi profesi yang menguntungkan dan bisa dijadikan karir profesional, kata pemilik perusahaan sepatu PT Bitdas Indonesia itu.

Blogger lainnya Fifi Alvianto berpendapat munculnya perusahaan-perusahaan pengembang blog seperti Clozette dan Blogger Babes juga menawarkan kesempatan baru untuk menjalin jejaring profesional bagi para penggiat blog.

Ini membantu para blogger untuk berpartisipasi dalam berbagai aktivitas pemasaran yang menarik dan bermanfaat bagi para pembacanya, serta mendukung para blogger untuk mengejar aspirasinya sebagai blogger profesional, imbuhnya.

Nah, apakah Anda tertarik mencoba memonetisasi blog atau vlog? Siapa tahu, hobi Anda dapat menjadi sumber penghidupan. Sebab, ada yang bilang, pekerjaan yang paling menyenangkan adalah berpenghasilan dari hobi sendiri atau passion yang kita geluti.

Sumber: Bisnis Com
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers

Follow by Email