Pin It

11 February 2016

Anak Dibawah Umur Wajib Miliki Kartu Identitas Anak [KIA]

Baru-baru ini Kementerian Dalam Negeri mewajibkan kepemilikan kartu identitas anak atau KIA untuk anak-anak berusia 0-5 tahun dan 5-17 tahun, untuk memastikan perlindungan dan pelayanan publik terhadapnya. Ada dua jenis KIA yang diterbitkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil yang mengacu kepada usia anak, yakni 0-5 tahun dan 5-17 tahun. KIA adalah identitas resmi anak sebagai bukti diri yang berusia kurang sari 17 tahun yang diterbitkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.


Kewajiban tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 2/2016 tentang KIA. PerMen tersebut menyebutkan penerbitan KIA untuk anak yang baru lahir dilakukan bersamaan dengan akta kelahiran. Sementara itu, untuk anak yang belum memiliki KIA dapat mengurusnya dengan melampirkan salinan kutipan akta kelahiran dan menunjukan aslinya, kartu keluarga, dan kartu tanda penduduk orang tua atau wali yang asli. Khusus untuk KIA yang diterbitkan kepada anak usia 5-17 tahun, dibutuhkan pas foto berwarna dengan ukuran 2X3 sebanyak dua lembar.

Penerbitan KIA itu sendiri bertujuan untuk meningkatkan pendataan penduduk, perlindugan, dan pelayanan publik. Selain itu, KIA juga bertujuan agar pemerintah dapat memastikan pemenuhan hak konstitusi setiap warga negara.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers

Follow by Email