Pin It

27 January 2016

Yuk Lihat Tarian Kosmik Lima Planet Di Pagi Hari Pada Bulan Februari 2016

Para penikmat langit akan segera memiliki kesempatan langka untuk melihat lima planet terang berbaris di langit pagi. Selama dua minggu ke depan, lima planet akan berbaris untuk tarian kosmik yang akan mempesona penikmat langit di seluruh dunia. Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus akan berselaras untuk pertama kalinya dari lebih satu dekade lalu, dan ini tidak membutuhan teleskop atau teropong untuk melihat peristiwa tersebut, karena lima planet ini akan terlihat seperti bintang terang di saat matahari terbit (morning twilight). Waktu terbaik untuk melihat peristiwa ini pada Sabtu 23 Januari, sampai akhir minggu pertama bulan Februari.

Jika Anda melihat terlalu dini, planet-planet ini akan disembunyikan di bawah cakrawala. Jika Anda melihat terlambat, ke lima planet ini terhalang oleh sinar matahari. Waktu utama untuk melihat planet-planet ini sekitar 30 - 60 menit sebelum matahari terbit lokal. Sejak Merkurius berada sangat rendah di sebelah tenggara (arah yang sama dengan matahari terbit), pastikan untuk menemukan tempat melihat dengan pandangan yang jelas dari cakrawala.



Venus yang terang dari semua planet akan muncul ke kanan atas. Pada tanggal 22 Januari, dua planet akan terpisahkan sekitar 10 derajat, sama dengan selebaran kepalan tangan Anda. Pada 10 Februari, dua planet akan berjarak kurang dari 5 derajat, atau sekitar lebar tiga jari tengah Anda.

Tiga planet lain akan lebih ke kanan di atas Venus. Saturnus yang berwarna kuning, sedikit redup daripada Venus. Jika Anda memiliki teleskop, ini akan menjadi waktu yang baik untuk berlatih melihat Saturnus dan mengagumi cincin megah planet.

Mars akan muncul di sebelah kanan Saturnus, dengan Jupiter lebih jauh ke kanan atasnya, menyelesaikan keselarasan tinggi di langit selatan. Teropong akan memamerkan empat bulan terbesar Jupiter, yang pertama kali dilihat oleh Galileo pada tahun 1609 dengan teleskop yang baru diciptakan.

Visibilitas simultan planet di salah satu bagian dari langit kita adalah, karena posisi mereka di orbit masing-masing relatif terhadap Bumi dan Matahari.

Sebagai bonus tambahan, bulan akan bermain kosmikhopscotch, yakni melompat dari satu planet ke planet berikutnya, menawarkan kesempatan foto menakjubkan seperti ada anjing di langit.

Bulan pertama akan berpasangan dengan Jupiter pada tanggal 27 dan 28 Januari, ia akan memarkir sendiri di sebelah Mars pada tanggal 1 Februari, Saturnus pada tanggal 3 Februari, Venus pada tanggal 5 Februari, dan akhirnya Merkurius pada 6 Februari.

Jika Anda melewatkan keselarasan ini, kesempatan Anda berikutnya melihat parade besar lima planet ini pada Juli 2020.

Sumber: (www.Nationalgeographic.com)
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers

Follow by Email