Pin It

21 January 2016

Wisata Sejarah Menyaksikan Mesin Cetak Jadul Koran Kedaulatan Rakyat

Kedaulatan Rakyat merupakan salah satu koran tertua di Indonesia. Harian ini berdiri pada tanggal 27 September 1945, artinya Kedaulatan Rakyat sudah seusia dengan negara ini. Pada masa itu, Kedaulatan Rakyat didirikan oleh H. Samawi dan H. Madikin sebagai alat penyambung lidah. Kedaulatan Rakyat merupakan koran lokal Yogyakarta, dan sampai saat ini tidak dijadikan koran nasional. Sebab isi berita dalam koran ini adalah untuk mengangkat kearifan lokal Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kedaulatan Rakyat (KR) memiliki dua kantor di Yogyakarta, yaitu di Jalan Mangkubumi sebagai kantor pusat serta di Jalan Solo sebagai kantor percetakan. Segala sesuatu yang berhubungan dengan proses percetakan dan penerbitan dilakukan di kantor yang berlokasi di Jalan Solo. Selain dua kantor tersebut, KR memiliki 9 kantor perwakilan di beberapa daerah seperti Semarang, Jakarta, Purwokerto, Solo, Magelang, Kulon Progo, Gunung Kidul, dan Klaten. Koran ini memiliki 3 media utama, yaitu koran harian Kedaulatan Rakyat, koran mingguan Minggu Pagi, serta Koran Merapi yang terbit setiap hari Jumat. Selain itu ada pula KR Radio yang berlokasi di Wates dan Agen Travel dan Agrowisata milik KR.


Karyawan di Kedaulatan sendiri berjumlah 600 orang, dan menggunakan sistem shift atau pergantian jam kerja. Ada shift pagi-sore dan shift sore-malem. Pemasaran koran KR meliputi Wilayah Yogyakarta dan Jawa Tengah bagian Selatan. Profit terbesar dari koran ini adalah dari iklan, yaitu sebanyak 50 % dibiayai iklan.

Sebagai Koran tertua, sudah pasti Kedaulatan Rakyat mempunyai mesin cetak jadul. Mesin cetak jadul ini bila kita lihat sepintas gambar di bawah ini, mungkin pikiran kita langsung mengira bahwa gambar tersebut adalah bekas kendaraan perang jaman dahulu yang sudah usang. Mesin cetak jadul tersebut juga agak mirip sebuah Tank.


Tapi, siapa sangka jika benda ini adalah Mesin Cetak jaman dahulu (jadul) dan mungkin bisa dikatakan yang pertama. Benda ini dipajang di Halaman percetakan koran Kedaulatan Rakyat. Benda unik ini menjadi salah satu koleksi dan menjadi daya tarik tersendiri bagi siapapun yang berkunjung. Dengan ukuran sekitar 2 meter persegi dan seluruh badannya terbuat dari besi, kelihatannya benda ini takkan mudah dipindah-pindah atau bahkan dicuri. Saat saya bersama kawan-kawan mengunjungi KR, Saya langsung penasaran dengan benda ini.

Bagaimana membuatnya? Dan bagaimana cara kerjanya? Hingga kini masih menjadi pertanyaan dalam pikiran saya. Jika anda juga penasaran, silahkan anda lihat dengan mata kepala sendiri. Saya yakin anda akan tambah penasaran.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers

Follow by Email