Pin It

03 January 2016

Tips Irit Meski Punya Banyak Kartu Kredit

Di hari minggu ini Berbagi Info akan share solusi hemat untuk pemilik banyak karti kredit. Seperti kita ketahui bersama, umumnya, setiap orang disarankan untuk tidak memiliki lebih dari dua kartu kredit. Lebih bagus lagi bila hanya memiliki satu kartu saja agar pengguna kartu kredit tidak menjadi boros.

Anda merasa punya bayak kartu kredit? Jangan takut jadi boros dulu. Punya kartu kredit banyak tidak selalu identik dengan boros asal anda bisa belajar untuk menahan diri dalam menggunakannya. Kalau anda pandai menggunakan kartu kredit, sebanyak apapun kartu yang anda punya tetap saja bisa membuat anda tidak boros, bahkan malah makin hemat.


Nah, simak beberapa cara berikut untuk mencegah boros kalau kamu terlanjur punya banyak kartu kredit:

1. Batasi limit kartu kredit

Dari semua kartu kredit yang anda miliki, batasi limit untuk masing-masing kartu kredit. Memiiki limit yang lebih rendah dapat mencegah anda untuk boros. Sesuaikan limit masing-masing kartu kredit dengan kebutuhan yang tepat untuk setiap kartu kredit anda.

“Sebaiknya, cukup 1 saja yang limitnya agak tinggi untuk transaksi yang rutin, sedangkan limit kartu kredit lain disesuaikan dengan kebutuhan.”

2. Tinggalkan kartu kredit di rumah

Ya, tinggalkan seluruh kartu kredit selain kartu kredit yang benar-benar akan anda gunakan untuk melakukan transaksi saat anda pergi. Simpan kartu kredit anda yang lain di tempat tersembunyi. Kalau perlu, bisa bekukan di dalam kulkas atau sembunyikan di balik lemari agar keinginan menggunakan kartu kredit yang tidak diperlukan menjadi berkurang drastis.

“Melepaskan sebagian besar kartu kredit dari jangkauan secara tidak langsung memberikan efek psikologis untuk tidak menggunakan kartu tersebut.”

3. Pilih kartu kredit yang digunakan untuk transaksi otomatis

Anda punya transaksi rutin bulanan yang bisa dibayar dengan kartu kredit seperti listrik, air, telepon, TV kabel, atau fitness? Gunakan salah satu kartu kredit untuk memasang pembayaran otomatis setiap bulannya atas transaksi tersebut.

Jangan gunakan kartu kredit yang sama untuk transaksi lain. Gunakan tips no 2 untuk menjauhkan kartu kredit tersebut dari jangkauan. Dengan begini, bisa mencegah pemborosan dari kartu kredit yang anda ‘kunci’ tersebut.

“Manfaatkan fasilitas otomatisasi pembayaran dari transaksi rutin bulanan untuk mencegah pemborosan kartu kredit.”

4. Meminta bantuan teman atau keluarga yang bisa dipercaya untuk mengkritik transaksi

Anda bisa meminta bantuan teman atau anggota keluarga untuk melakukan review atas transaksi yang telah atau akan anda lakukan. Mintalah bantuan kepada orang yang jago memberikan kritik dengan banyak pertanyaan kalau ada transaksi tidak penting yang anda lakukan.

“Ketika anda dicecar dengan banyak pertanyaan atas transaksi yang tidak penting, secara tidak sadar anda akan belajar menahan diri untuk tidak melakukan pengeluaran sia-sia.”

5. Non-aktifkan kartu kredit lain yang manfaatnya serupa

Sudah selesai melakukan semua cara di atas? Sekarang coba sortir kartu kredit dan tentukan mana yang manfaatnya serupa bagi anda. Misalnya, anda gemar melakukan traveling sehingga anda cukup perlu satu saja kartu kredit yang memberikan banyak manfaat atau promo bagi pengguna yang gemar travelling.

Saat ini, untuk keperluan travelling anda punya tiga kartu kredit dari tiga bank yang berbeda. Masing-masing memiliki fitur poin Air Miles yang berbeda-beda sebagai gambar berikut:


Kalau anda gemar travelling dengan tujuan lokal (Indonesia saja), anda cukup menggunakan Danamon karena memberikan poin Air Miles paling banyak. Namun, kalau anda gemar bertualang baik di dalam negeri maupun ke luar negeri, maka kartu kredit Citibank adalah kartu yang tepat untuk anda pertahankan.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers

Follow by Email