Pin It

01 January 2016

Resolusi Keuangan Tahun 2016

Banyak diantara kita yang memanfaatkan momen akhir tahun untuk membuat resolusi tahun baru, meski sebagian di antaranya langsung gagal dilakukan sejak satu, atau dua minggu pertama memasuki tahun baru. Nah, bagaimana dengan kondisi keuangan Anda sekarang? Merasa agak boros dan ingin bisa lebih hemat mulai tahun berikutnya? Atau mungkin, Anda merasa sulit memenuhi kebutuhan-kebutuhan Anda, sehingga butuh motivasi untuk memperbaiki kondisi keuangan?


Hal tersebut, bisa kok dimulai dengan menulis resolusi keuangan untuk tahun baru. Supaya lebih mantap, coba Anda tulis resolusi tersebut di selembar kertas dan ditempel di dinding. Buat juga salinannya dan masukkan di dalam dompet sebagai pegangan. Kalau setiap hari Anda diingatkan akan resolusi yang sudah Anda buat, Anda akan lebih terdorong untuk melakukannya.

Butuh ide segar untuk mulai mebuat resolusi keuangan? Coba cek lima ide berikut:

1. Rajin membuat anggaran pribadi setiap awal bulan
Anda belum membuat anggaran pribadi? Jika belum, inilah saatnya untuk serius membuat anggaran pribadi sederhana. Anda tidak perlu memiliki latar belakang pendidikan bisnis, atau ekonomi untuk membuat anggaran sederhana.

Sekarang banyak aplikasi smartphone yang dapat digunakan untuk membuat anggaran. Selain itu, Anda juga bisa kok membuat secara sederhana pengeluaran apa saja yang Anda akan keluarkan setiap bulannya di program komputer, seperti Excel.

Membuat anggaran pribadi ini akan membantu Anda untuk mencari celah yang bisa dihemat.

2. Mulai menabung dengan menyisihkan 10 persen dari penghasilan bulanan
Ini berlaku, terutama bagi Anda yang belum mulai menyisihkan penghasilan, atau terlalu sedikit melakukan penyisihan. Untuk mulai membentuk suatu tabungan, idealnya Anda disiplin untuk menyisihkan setidaknya 10 persen dari penghasilan bulanan.

Kalau bisa lebih tinggi, maka lebih baik tentunya untuk mempercepat target pengisian tabungan Anda.

3. Banyak membaca artikel tentang keuangan dan penghematan
Kalau Anda merasa belum melek finansial, mulailah luangkan waktu untuk membaca-baca beberapa artikel atau informasi lain seputar manajemen atau produk keuangan. Menjadi melek finansial dapat membuat Anda jauh lebih berhemat. Anda jadi mengetahui cara berhemat yang baik dan memilih produk keuangan yang tepat untuk kebutuhan.

4. Belajar menahan diri dari membeli barang yang tidak begitu diperlukan

Coba evaluasi diri Anda sepanjang tahun ini. Apakah Anda merasa sering melakukan pembelian barang-barang yang tidak Anda perlukan, atau terlalu berlebih?

Misalnya, sepanjang tahun ini Anda membeli kemeja baru sampai 20 buah. Coba evaluasi apakah kebutuhan Anda membeli kemeja baru perlu sebanyak itu dalam setahun atau tidak.

5. Merambah ke dunia bisnis, setidaknya bisnis sampingan
Kalau Anda merasa butuh tambahan dana, atau memang punya keinginan untuk memulai usaha sendiri, tak ada salahnya kalau Anda mulai memantapkan hati untuk membuka bisnis kecil sampingan dulu.

Kalau Anda bingung dengan modal usaha, Anda bisa memanfaatkan pinjaman tanpa agunan (KTA) untuk memulai usaha Anda.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers

Follow by Email