Pin It

03 January 2016

Plus Minus Menggunakan VCC Atau Virtual Credit Card

Hallo semua, artikel sebelumnya telah mengulas Mengenal VCC dan kali ini penulis akan berbagi info mengenai kelebihan dan kekurangan menggunakan Virtual Credit Card atau VCC. Penggunaan kartu kredit virtual atau virtual credit card (VCC) telah cukup dikenal luas di antara orang-orang yang senang melakukan transaksi online. VCC banyak memberikan kemudahaan bagi mereka yang mendapatkan kesulitan untuk memiliki sebuah kartu kredit. VCC juga menjadi pemecahan masalah dalam transaksi online bagi mereka yang punya kekhawatiran tersendiri untuk adanya penipuan.


Ciri kartu kredit virtual

Pada dasarnya VCC hampir menyerupai kartu kredit, karena dilengkapi dengan data-data yang terdapat di dalamnya, seperti:

• 16 Digit nomor kartu yang lazim terdapat di bagian depan kartu kredit.

• Tiga digit nomor CVV yang biasanya terdapat di bagian belakang kartu kredit.

• Nama pemilik kartu serta tanggal terbit dan berakhirnya masa kartu yang selalu terdapat di bagian depan kartu kredit.

VCC dapat diperoleh dengan cara yang sangat berbeda dengan kartu kredit yang pada umumnya akan memakan waktu selama beberapa hari dalam proses pengajuannya.

VCC dapat diperoleh secara langsung melalui situs-situs online yang banyak terdapat di dunia maya. Cukup dengan mengisi data pribadi dan melakukan sejumlah pembayaran, maka Anda telah dapat memperoleh VCC dengan sangat mudah.

Pada dasarnya saat diaktifkan VCC telah berisi sejumlah saldo dalam mata uang asing (lazimnya dolar Amerika Serikat atau euro). Namun, jumlah yang sangat kecil ini tentulah tidak akan mencukupi saat Anda pakai berbelanja, karena itu Anda harus mengisi sejumlah saldo sebelum Anda menggunakan VCC Anda.

Beberapa keuntungan menggunakan VCC antara lain:

• Kemudahan dalam transaksi belanja oonline yang pada umumnya menggunakan kartu kredit.

• Dapat dipergunakan saat berjualan di situs online.

• Dapat dipergunakan untuk memverifikasi akun Paypal. Khusus dalam verifikasi akun Paypal, VCC dapat digunakan untuk memverifikasi lebih dari satu akun Paypal.

• Kenyamanan dan keamanan data pribadi lebih terjaga saat melakukan transaksi online.

Kekurangan VCC

Namun pada praktiknya, terdapat beberapa kekurangan dari VCC yang mungkin akan merugikan Anda. Karena itu, cermati poin di bawah ini sebagai antisipasi:

1. Pastikan Anda membeli VCC dari perusahaan terpercaya. Hal ini sangat penting untuk antisipasi bila kelak terjadi masalah dengan transaksi atau akun Paypal Anda yang menggunakan VCC saat verifikasi.

2. Pada dasarnya semua transaksi yang dilakukan secara online akan sangat rawan terhadap tindakan penipuan.

Contohnya, saat melakukan verifikasi akun Paypal dengan menggunakan VCC, pastikan dan cermati setiap transaksi yang Anda lakukan melalui akun Paypal telah benar dan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Hal ini penting dilakukan, mengingat VCC yang Anda gunakan bisa saja tidak dilengkapi dengan data diri Anda yang sebenarnya.

Sesuaikan dengan kebutuhan

Pada dasarnya, penggunaan kartu kredit virtual juga harus disesuaikan dengan kebutuhan Anda sendiri. Seperti yang sudah disebutkan di atas, penggunaan VCC lebih ditujukan untuk transaksi online seperti lewat PayPal. Kalau ditujukan untuk keperluan standar seperti belanja bulanan atau travel, lebih baik Anda menggunakan kartu kredit konvensional.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers

Follow by Email