Pin It

01 January 2016

Mitos Dan Keunikan Bunga Wijayakusuma

Pernahkan anda melihat bunga wijayakusuma? Bunga ini tergolong unik dan langka yang bisa anda temukan di Indonesia. Alasan kenapa bunga ini langka karena membutuhkan waktu satu tahun untuk melihatnya mekar. Bunga wijayakusuma tidak sulit untuk didapatkan tapi sangat jarang orang yang bisa menyaksikan bunga ini mekar. Bahkan ada mitos yang menyebutkan kalau siapa saja yang bisa melihat bunga wijayakusuma mekar akan mendapatkan keberuntungan. Oleh sebab itu arti dari nama wijayakusuma adalah bunga kejayaan.


Bunga ini masih tergolong dalam keluarga kaktus. Bunga ini biasanya tumbuh di tempat atau lingkungan kering. Bunga Wikayakusuma ini bukanlah tumbuhan Indonesia melainkan dibawa oleh para pedagang yang berasal dari Venezuela dan kepulauan Karibia.

Untuk menanam dan memelihara bunga Wijayakusuma tidaklah terlalu sulit. Yang diperlukan hanyalah beberapa faktor agar bunga ini mudah tumbuh seperti kesuburan tanah, iklim, dan cara pemeliharaan yang tepat agar bisa menghasilkan bunga yang mekar. Kalau salah satu faktor tersebut tidak terpenuhi maka tanaman ini susah berbunga.

Satu hal lagi yang membuatnya unik adalah Bunga wijayakusuma hanya mekar setahun sekali. Biasanya bunga ini mekar ketika saat malam hari tiba. Dan uniknya lagi ketika matahari terbit maka bunga akan menjadi layu dan menguncup kembali. Jadi bunga ini dapat bertahan beberapa jam saja.

Dalam sebuah buku Belajar Spiritual bersama The Thinking General yang mengungkapkan kalau bunga Wijayakusuma memiliki berkah bagi orang jawa. Bahkan dalam kisah pewayangan bunga ini disebut sebagai pusaka milik Bathara Kresna, titisan dewa Wisnu sang pemelihara alam semesta.

Dalam budaya keraton Yogyakarta dan Surakarta, calon raja diharuskan memetik bunga Wijayakusuma yang mekar sebelum naik tahta. Raja yang berhasil memetik bunga ini yang sedang mekar menurut mitos diyakini akan membawa kejayaan bagi kerajaan yang dipimpinnya kelak.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers

Follow by Email