Pin It

31 January 2016

Laku Pandai, Nasabah Bank BTPN Bisa Jadi Agen BTPN Wow

Di pengujung Maret 2015, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) secara resmi meluncurkan program Layanan Keuangan Tanpa Kantor (Laku Pandai). Ini program keuangan inklusif yang memungkinkan masyarakat membuka rekening tabungan, menabung, dan menarik dana melalui perantara agen dan tanpa kantor bank. Selain tabungan, Laku Pandai juga memungkinkan pemberian kredit kepada nasabah mikro dan penjualan produk keuangan lain, seperti asuransi mikro. Namun, bank pelaksana Laku Pandai saat ini baru memberikan layanan tabungan.




Untuk menjadi agen, OJK menetapkan beberapa persyaratan. Di antaranya, terdaftar sebagai penduduk setempat dan memiliki kegiatan usaha sebagai sumber penghasilan utama. Selain itu, agen Laku Pandai mesti memiliki kemampuan, kredibilitas, reputasi, dan integritas yang baik. Tak cuma itu, bank pelaksana Laku Pandai juga menerapkan syarat tambahan.

Adapun syarat umum menjadi agen adalah penduduk setempat yang telah dikenal baik oleh masyarakat dan dipercaya bank.

BTPN Wow merupakan layanan perbankan yang praktis dan terjangkau, dengan memanfaatkan teknologi telepon genggam dan didukung jasa agen sebagai perpanjangan tangan BTPN. Dengan hadirnya BTPN Wow, kini masyarakat bisa menikmati berbagai layanan perbankan seperti pembukaan rekening, tarik dan setor uang melalui agen bank dengan biaya yang sangat murah, transfer dana, serta melakukan pembayayaran atau pembelian.

Teknologi yang digunakan juga disesuaikan dengan target nasabah yakni menggunakan Unstructured Supplementary Service Data (USSD). Dengan teknologi tersebut akan memungkinkan segala jenis telepon genggam GSM dapat dipergunakan untuk bertransaksi, bahkan dengan sinyal minimum sekalipun, dan seluruh transaksi dapat dilakukan cukup dengan menekan *247#.

Saat ini BTPN bekerjasama dengan tiga operator seluler terbesar di Indonesia yakni telkomsel, Indosat dan XL. Semua pihak memiliki komitmen yang sama untuk memberikan layanan terbaik dan terjangkau guna mendukung terwujudnya inklusi keuangan di Indonesia. Sementara, target nasabah BTPN WOW adalah masyarakat yang belum memiliki rekening bank, tetapi sudah terbiasa menggunakan telepon seluler serta mengisi pulsa, yang artinya dalam bertransaksi menggunakan ponsel bukanlah hal yang rumit bagi mereka.

BTPN WoW lahir dari proses panjang yang diawali dengan menjadi bagian dalam uji coba branchles banking yang digagas oleh Bank Indonesia pada tahun 2013. Hal ini merupakan langkah yang sanggat penting, karena dalam proses tersebut BTPN melihat secara langsung tingginya kebutuhan dan antusiasme masyarakat untuk menabung di bank. Hal ini seolah membalikkan anggapan selama ini bahwa masyarakat kecil tidak tertarik untuk menabung di bank.

Agen BTPN Wow mendapatkan fee sebesar 4 persen dari setiap transaksi, misalnya tarik tunai. Namun, kata Direktur Kepatuhan BTPN, Anika Faisal, agar tidak memberatkan nasabah maka maksimal fee dibatasi Rp 7.500. Pedagang yang menyambi sebagai agen BTPN Wow juga bisa memperluas usahanya. Kalau orang beli pulsa di gerai pedagang yang juga agen BTPN, sisa uangnya bisa langsung ditabung.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers

Follow by Email