Pin It

27 January 2016

Ini Penampakan Mobil Suzuki Vitara Brezza Buatan India

Inilah penampakan varian Suzuki Vitara Brezza. Brezza berasal dari bahasa Italia yang artinya angin segar. Vitara Brezza adalah mobil pertama yang didesain, dikembangkan, divalidasi, dan dites, murni di India. Suzuki merupakan salah satu pabrikan mobil terbesar di India dengan volume produksi mencapai 1,5 juta unit setiap tahun atau satu unit per 12 detik. Meski menyandang nama Vitara, Suzuki Vitara Brezza adalah produk yang berbeda. Vitara sudah diluncurkan dan diproduksi di Esztergom, Hungaria, sejak tahun lalu, sedangkan Vitara Brezza rencananya bakal mendebut di Indian Auto Expo pada April 2016.

Varian Sport Utilty Vehicle (SUV) anyar Suzuki ini memiliki ground clearance tinggi, jarak sumbu roda pendek, dan ban yang besar. Belum ada informasi mengenai interior, tetapi dari mobil ini akan bersaing ketat dengan Ford EcoSport.


Mobil ini dipersenjatai dengan transmisi manual 5-percepatan sebagai standar. Untuk transmisi otomatis, informasi tersebut belum terungkap. Vitara Brezza merupakan SUV pertama Suzuki yang berdimensi panjang kurang dari 4 meter. Mobil yang diperkenalkan di ajang New Delhi Auto Expo 2012 dengan sebagai konsep XA Alpha itu menggunakan pakem desain yang sama dengan saudaranya, hatchback Suzuki Baleno. Untuk dapur pacu, Vitara Brezza akan dibekali mesin bensin dan diesel yang digunakan Swift di India.

Mobil ini, ditawarkan dalam dua varian mesin, yakni bensin dan diesel. Mesin bensin K-Series 1.200 cc, empat silinder, bertenaga 85 PS dan torsi 115 Nm, sedangkan diesel 1,3 liter Multijet dari Fiat empat silinder bertenaga 75 PS dan torsi 190 Nm. Kedua mesin dilengkapi transmisi manual lima tingkat percepatan.

Suzuki melengkapinya dengan sejumlah fitut terkini, mulai dari LED DRL, sensor dan kamera parkir mundur, perangkat hiburan layar sentuh SmartPlay, keyless entry, tombol starter, setir multifungsi, hingga climate control otomatis.

Sebagai informasi, sebelumnya sang Director dan Insinyur Maruti Suzuki India Limited (MSIL) CV Raman telah mengungkapkan bahwa untuk Suzuki Vitara Brezza sendiri merupakan mobil pertama yang seluruh prosesnya diracik di India.

Mulai dari desain, pengembangan, validasi hingga tes pengujian juga dilakukan di Negara tersebut. Proyek pengerjaan Vitara Brezza ini dikerjakan khusus oleh divisi penelitian dan pengembangan (R&D) MSIL dengan nama kode YBA.

Rupanya, proyek YBA telah mulai berjalan sejak tahun 2011 lalu. Apabila dikalkulasikan, Suzuki memerlukan waktu sekitar tiga setengah tahun untuk menciptakan sketsa hingga menjadi prototipe nyata. Raman juga mengungkapkan, pengembangan dari YBA sendiri awalnya merupakan jawaban atas tantangan dari Suzuki pusat untuk model kendaraan SUV terbaru.

Untuk mewujudkan tantangan tersebut, Raman kemudian mengungkapkan R&D India telah menjalin kerja sama dengan tim global untuk merancang berbagai model. Sementara untuk model yang ada sekarang seluruh keputusan dan penilaian diambil alih oleh tim Maruti dan tidak terdapat validasi penilaian dari tim global Suzuki.

Suzuki Vitara Brezza tidak seperti Baleno dan S-Cross yang dilakukan produksi secara massal untuk pasaran global. Suzuki akan langsung menjualnya di India terlebih dulu. Setelah itu, mobil tersebut akan diluncurkan di negara-negara lain.

Hingga saat ini juga belum diketahui berapa nominal yang akan dilabelkan pada kendaraan ini. Untuk itu, belum diketahui bagaimana dengan pasaran Indonesia. Kita tunggu saja. Informasi secara lengkap tentunya akan mulai keluar saat debut perdananya tanggal 3 Februari 2016 mendatang.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers

Follow by Email