Pin It

10 January 2016

Fenomena Unik Munculnya Bunga Bambu

Pernahkan Anda melihat pohon bambu berbunga, mungkin jawaban mayoritas "tidak." Pohon bambu yang berbunga ini adalah sesuatu yang langka namun ada. Bambu berbunga ini merupakan fenomena menarik, karena ini yang unik dan jarang terjadi.


Kebanyakan bunga ini hanya muncul sekali setiap 60-130 tahun. Interval kapan bambu akan berbunga kembali sebagian besar merupakan misteri, terutama bagi banyak ahli botani.

Bambu berbunga juga menunjukkan perilaku aneh lainnya, mereka akan berbunga pada saat yang sama, di seluruh dunia, terlepas dari lokasi geografis dan iklim, selama mereka berasal dari pohon induk yang sama.

Meskipun berada di lokasi geografis yang berbeda, mereka masih membawa genetik yang sama. Jadi, ketika tanaman bambu di suatu tempat, katakanlah Amerika Utara berbunga, tanaman yang sama di Asia akan melakukan hal yang sama pada waktu yang sama.

Menurut sebuah hipotesis, bambu berbunga untuk meningkatkan kelangsungan hidup populasi bambu. Hipotesis ini berpendapat bahwa dengan 'membanjiri daerah tertentu dengan buah bambu,' masih akan ada benih yang tersisa bahkan jika predator memakan bibit bambu. Setelah bambu ini mencapai harapan hidupnya, berbunga dan menghasilkan biji, tanaman induk akan mati.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers

Follow by Email