Pin It

29 January 2016

Cara Menyimpan Petai Agar Tetap Segar dan Renyah

Agar tetap enak saat diolah, kita perlu memahami penyimpanan petai. Petai termasuk polong-polongan yang enak untuk sambal ataupun dimakan mentah. Setelah membeli, cara penyimpanan petai harus tepat supaya tetap enak ketika diolah. Inilah beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait penyimpannya.

1. Petai kupas

Saat membeli petai, Anda perlu menentukan jenis petai terlebih dahulu. Sebab di pasaran ada yang menjual petai dengan papan atau sudah dikupas. Belilah petai kupas jika akan langsung dipakai memasak. Sebab petai ini tidak bisa tahan lama ketika disimpan.



2. Petai utuh

Bila ingin menyimpan petai, carilah yang masih utuh. Agar bisa tahan saat disimpan, petai sebaiknya berwarna hijau segar dan tak berlubang.

3. Lemari es

Petai dengan balutan kulit bisa tahan cukup lama. Simpanlah dalam lemari es supaya tahan selama beberapa hari, maksimal 2 minggu. Petai juga dapat disimpan dalam freezer agar tidak cepat hitam, jika penggunaannya masih lama. Caranya kupas petai, biarkan kulit ari masih menempel di bulir lalu bekukan dalam freezer. Penyimpanan dalam freezer bisa tahan berbulan-bulan. Sewaktu dibutuhkan, rendam petai dengan air hangat dan kupas kulit arinya.

4. Suhu ruang

Petai utuh juga bisa disimpan pada suhu ruang dengan sirkulasi udara baik. Ini bisa menjaga kesegaran petai, namun daya tahan tidak selama penyimpanan di kulkas. Saat akan dimasak, buang papan petai dan keluarkan biji petai. Kupas juga kulit arinya.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers

Follow by Email