Pin It

03 January 2016

Cara Menggunakan SMS Banking

Meski teknologi komunikasi saat ini semakin berkembang ternyata masih ada satu fitur lama yang mulai banyak ditinggalkan, namun tetap eksis untuk transaksi perbankan yaitu SMS. Ya, dia adalah satu aplikasi e-banking yang masih populer saat ini. SMS banking pada dasarnya digunakan untuk mempermudah nasabah yang ingin melakukan transaksi tanpa melalui teller atau ATM. Anda bisa melakukan transaksi seperti cek saldo, membayar tagihan listrik, membeli pulsa, transfer, dan lainnya hanya dengan melalui SMS Banking.


Meskipun terdengar ketinggalan zaman, namun fitur SMS Banking ini memberikan kemudahan karena dirasa lebih mudah, cepat, dan praktis.

Alasan dan Cara Mengakses SMS Banking

SMS Banking punya keunggulan dibanding internet banking, karena tidak membutuhkan jaringan internet, terutama bagi warga yang ada di desa yang tak bisa selalu terhubung internet. Karena itu, SMS banking dianggap bisa menjadi solusi atas permasalahan tersebut. Selain masalah koneksi internet, SMS Banking juga bisa dilakukan oleh para nasabah yang tak memiliki smartphone tetapi ingin melakukan transaksi secara mudah, cepat, dan praktis. Berbeda dengan internet banking yang memerlukan banyak tahapan untuk melakukan transaksi seperti cek saldo, seperti mesti memasukkan user ID dan password. Baru setelah itu bisa melakukan transaksi dengan memilih menu yang tersedia.

Sedangkan SMS Banking hanya perlu mengirim kode ke nomer yang telah ditentukan untuk melakukan transaksi yang anda butuhkan. Sangat mudah dan praktis bukan?

SMS Banking bisa diakses melalui dua cara. Pertama, melalui SMS biasa dan paling umum digunakan. Caranya nasabah mengetik pesan berupa kode tertentu sesuai dengan transaksi yang ingin dilakukan dan mengirimkan pesan tersebut ke nomor yang telah disediakan dari Bank. Misalnya jika Anda ingin melakukan transfer, Anda hanya perlu mengetik (rekening sumber), (rekening tujuan), (nominal), dan (password). Cara kedua yaitu melalui SMS Toolkit. Nasabah bisa menggunakan SMS Banking melalui menu dari SIM Card, tergantung provider yang Anda gunakan. Setiap provider mempunyai menu SMS Banking yang berbeda. Untuk bisa menggunakan SMS Banking, nasabah harus mendaftar ke bank untuk mendapatkan password agar bisa mengakses layanan ini.

Setiap Bank punya petunjuk masing-masing tentang penggunaan SMS Banking, jadi Anda bisa mendatangi bank dan menanyakan penjelasan bagaimana menggunakan SMS Banking untuk bertransaksi.

Supaya gampang memahaminya, bila dijabarkan, SMS Banking seperti Anda mengirim pesan SMS banking ke operator, lalu operator seluler akan meneruskan pesan kepada aplikasi mobile banking pihak bank. Proses selanjutnya permintaan transaksi akan diteruskan ke server core banking yang berisi informasi akun nasabah. Sesaat kemudian server core banking akan memberikan respon atas SMS tersebut kemudian dikirimkan oleh aplikasi mobile banking kepada penyedia layanan Bulk SMS (layanan SMS massal) dan akan diteruskan kepada pengguna yang valid melalui SMS.

Berikut ini kami berikan contoh sebuah transaksi SMS Banking BRI
Ketik kode sebagai berikut:

Informasi Saldo:
SALDO [spasi] PIN SMS

Transfer sesama BRI : TRANSFER BRI [spasi] No.Rek. Tujuan [spasi] Nominal [spasi] PIN SMS.

Bayar kartu Kredit : BAYAR [spasi] CITI Nomor Kartu [spasi] Nominal [spasi] PIN SMS.

Beli Pulsa : PULSA [spasi] Nomor HP [spasi] Nominal/1000 [spasi] PIN SMS.

Segala kemudahan memang diberikan oleh bank kepada nasabahnya melalui fasilitas sms banking ini.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers

Follow by Email