Pin It

22 December 2015

Gaji Sopir Kopaja Rp 6,2 Juta Dan Ini Syarat Melamar Pengemudi Kopaja

Selasa 22 Desember 2015 PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) meresmikan 320 unit bus sedang untuk pengumpan (feeder) dan bus gandeng (articulated) untuk koridor busway. Ratusan armada baru ini akan dioperasikan akhir tahun hingga awal tahun 2016 untuk menggantikan armada lama yang tak layak beroperasi.

Selain itu juga membuka lowongan kerja untuk sopir Kopaja. Para sopir dari Kopaja yang difungsikan untuk layanan transjakarta akan menerima gaji Rp 6,2 juta per bulan, atau dua kali upah minimum provinsi (UMP) DKI Jakarta 2016. Namun untuk menjadi sopir Kopaja tersebut, tentu ada syarat yang harus dipenuhi. "Jadi siapapun bebas melamar. Cuma kita pasti seleksi dengan ketat," ujar Direktur Kopaja, Nanang Basuki saat dihubungi pada Selasa (22/12/2015).


Persyaratan tersebut antara lain melalui sejumlah tes dan wawancara. "Yang pasti mereka harus punya SIM B1 Umum, umur calon sopir minimal 21 tahun dan sudah punya pengalaman mengemudikan kendaraan roda empat," jelasnya. "Ketika lulus pesyaratan nanti kita tes, baru di interview. Kalau bagus, nanti akan ada psikotes dan nantinya ada pembekalan," kata Nanang.

Untuk beberapa sopir yang telah lulus pembekalan, saat ini sudah dapat mengoperasikan Kopaja. "Satu bus dalam sehari nanti akan dikemudikan oleh 2 sopir. Jam kerjanya seperti bus TransJakarta terbagi antara 2 shift," kata dia.

Menurutnya penetapan tersebut mendapat reaksi positif dari para sopir. Selain mengurangi jam kerja, Kopaja tersebut juga tak perlu berebut penumpang dan trayek. "Pastinya mereka lebih senang karena jam kerja dan penghasilan per bulan lebih jelas," kata Nanang.

Saat ini armada yang diresmikan terdiri dari 320 unit bus sedang dan 31 unit bus gandeng. Semuanya bercat biru dan putih bertuliskan Transjakarta. Bus tersebut akan dioperasikan pada 5 usulan rute yang telah disiapkan yaitu:

1. Rute Monas - Pantai Indah Kapuk 30 unit bus
2. Rute Ragunan - Monas 50 unit bus
3. Ragunan - Dukuh Atas 50 unit bus
4. Lebak Bulus - Senen (via Stasiun Cikini) 80 unit bus
5. Blok M - Manggarai (via Stasiun Manggarai) 40 unit bus
6. Rute lain yang masih dibicarakan 70 unit bus
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers

Follow by Email