Pin It

08 December 2015

6 Cara Mudah Mengecilkan Daun Tanaman Bonsai

Salah satu yang wajib kita diperhatikan agar penampilan bonsai terlihat proporsional ialah mempunyai daun yang berukuran kecil. Lalu bagaimana agar daun bonsai menjadi kecil? Nah, langkah utama yang harus dilakukan ialah dengan menentukan jenis bonsai yang memiliki tipe daun kecil seperti pohon cemara atau pinus. Akan tetapi, meskipun telah memiliki ukuran daun yang kecil kerapkali kita membutuhkan ukuran daunnya jadi lebih kecil lagi supaya terlihat cocok dengan batang serta cabang pohon bonsai. Maka solusinya adalah dengan melakukan pemangkasan.



Pemangkasan bukan hanya menggunting daun, tetapi memotong cabang serta ranting agar daun bonsai menjadi kecil. Prinsipnya dengan pemakasan cabang serta ranting bonsai, akan menumbuhkan cabang serta ranting baru yang semakin banyak dengan ukuran daun lebih kecil pastinya, ini dikarenakan terjadinya kompetisi makanan.

Berikut adalah tips memangkas daun bonsai agar menjadi kecil:

1. Pemangkasan pada cabang serta ranting tidak bisa dilakukan hingga habis. Pemangkasan cuma sampai panjang cabang serta ranting yang tersisa 3–4 helai daun. Apabila habis, cabang atau ranting bakal turut mati serta tidak menumbuhkan cabang serta ranting baru.

2. Pemangkasan cuma bisa dilakukan pada cabang serta ranting tua, yang warnanya tidak hijau lagi dengan ukuran daun telah besar.

3. Khusus pada bonsai dengan daun jarum seperti pohon pinus, pemangkasan bisa dilakukan 2 kali satu tahun. Sedang untuk type bonsai berdaun agak besar seperti beringin serta siantho atau dewo ndaru, pemangkasan dapat dilakukan setiap saat sambil memperhatikan kondisi cabang atau ranting yang telah tua.

4. Penyiraman juga punya pengaruh pada pengecilan daun. Oleh karenanya penyiraman dilaksanakan sesedikit mungkin, agar penguapan lebih sedikit serta memaksa daun menyesuaikan dengan keadaan tersebut. Penyesuaian itu membuat ukuran daun menjadi lebih kecil.

5. Gunakan juga media pasir yang memiliki ukuran 3 mm, agar air tidak terserap di dalamnya.

6. Tempatkan bonsai di tempat yang terkena matahari langsung. Apabila di taruh di tempat teduh mengakibatkan daun bakal tumbuh ke ukuran awal mulanya, tidak akan pernah mengecil.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers

Follow by Email