Pin It

04 August 2015

Ini Penyebab MUI Keluarkan Fatwa BPJS Haram

Pernah dengar yang namanya BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Kesehatan? Secara sederhana, itu adalah program jaminan kesehatan bagi seluruh rakyat Indonesia. Namun semenjak semalam, BPJS mendadak menjadi bahan pembicaraan, memangnya kenapa?

Rupanya hal itu bermula setelah MUI (Majelis Ulama Indonesia) menetapkan jika sistem BPJS Kesehatan adalah sesuatu yang haram. Sudah jelas umat Muslim menjadi terkejut bagaimana bisa lembaga agama Islam tersebut menjadikan program yang sangat membantu jutaan penduduk Indonesia untuk bisa mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis itu mendadak dijadikan haram.
Jika kamu termasuk yang mendadak bingung, maka sepertinya kamu harus membaca penjelasan MUI seperti dilansir Merdeka ini. MUI bukannya gegabah menetapkan Fatwa haram. Karena berdasar hasil Ijtima' para ulama, MUI melakukan kajian mendasar soal BPJS terutama dari sudut pandang ekonomi Islam dan Fiqh Mu'amalah.


"Secara umum, program BPJS Kesehatan belum mencerminkan konsep ideal jaminan sosial dalam Islam. Terlebih lagi jika dilihat dari hubungan hukum atau akad antar para pihak. Ada juga denda administrasi sebesar 2% perbulan dari jumlah iuran tertunggak baik bagi penerima upah atau bukan yang wajib dibayar. Hal itu tak sesuai dengan prinsip Syariah Islam," jelas MUI dalam hasil Ijtima' mereka.
Karena hal-hal tersebut, MUI menilai penyelenggaraan BPJS Kesehatan mengandung unsur gharar, maisir dan riba. Dalam agama Islam ketiga unsur itu merupakan hal yang dilarang dan tertuang dalam kitab suci Al-Quran. Tak ingin memperkeruh suasana, MUI pun menghimbau pemerintah membentuk BPJS Kesehatan berdasarkan prinsip Syariah agar tidak merugikan siapapun, khususnya umat Islam.
Nah, gimana menurutmu soal Fatwa haram BPJS Kesehatan dari MUI ini? Semoga seluruh masalahnya segera berakhir dengan damai ya!
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers

Follow by Email