Pin It

27 August 2015

Dengan Bajai App Kita Bisa Memesan Bajaj Menggunakan Smartphone

Layanan transportasi berbasis aplikasi di Indonesia, khususnya Jakarta, semakin menjamur. Setelah Go-Jek, Grabbike, dan Uber, tak mau ketinggalan bajai juga meluncurkan aplikasinya. Situs Warta Kota melaporkan ada sekitar 17.000 bajai yang beroperasi di Jakarta, nanti bisa diakses melalui aplikasi Bajai App (aplikasi).


Aplikasi Bajai Apps akan dikelola oleh Organda DKI untuk meningkatkan pelayanan transportasi kepada masyarakat. "Aplikasi ini dibuat dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada pelanggan bajaj, misalnya mempercepat layanan dan memberikan kepuasan," kata Shafruhan Sinungan, ketua DPD Organda DKI Jakarta, seperti diberitakan oleh JPNN.

Hal yang membedakan Bajai App dengan aplikasi pemesanan ojek atau taksi yang sudah ada adalah masalah tarif. Republika menyebutkan tarif Bajai App ditentukan lewat negosiasi antara calon penumpang dengan pengemudi bajai.

"Tarif ditetapkan melalui negosiasi antara penumpang dan pengemudi saat bertemu di lokasi," kata Syafruhan kepada Republika.

Menanggapi hadirnya aplikasi ini,  Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengaku menyetujui rencana Organisasi Angkutan Darat (Organda)  DKI untuk membuat aplikasi pemesanan bajai berbasis online. Meski menyetujuinya, Ahok akan tetap membatasi rute bajaj dengan tidak mengizinkannya lewat jalan protokol.

"Bajaj harus lewat belakang sama seperti motor," ujar Ahok seperti dikutip oleh CNN Indonesia.
Sementara itu, pengamat transportasi Darmaningtyas menyebutkan layanan bajai secara online diyakini tidak akan mampu menarik minat masyatakat. Cara yang dinilai lebih tepat untuk meningkatkan pelayanan adalah dengan menerapkan tarif berdasarkan argo. "Daripada pakai sistem online, lebih baik pakai sistem argo," kata Direktur Eksekutif Institut Studi Transportasi (Instran) Darmaningtyas kepada Kompas.com, Kamis (20/8/2015).

Tyas (sapaan Darmaningtyas) menilai pada dasarnya bajaj merupakan sarana transportasi lingkungan yang jangkauannya terbatas. Karena itu, ia menilai sistem online yang akan diterapkan tidak akan mampu menyaingi layanan ojek berbasis aplikasi, seperti Go-Jek dan Grab Bike.
Bajai App sudah tersedia di Google Play untuk ponsel Android. Silahkan follow saja akun Twitter BajaiApp di  @BajaiApp

Salah satu partner Bajai App bisa di dicoba di: http://smarturl.it/BajaiApp 
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers

Follow by Email