Pin It

27 August 2015

Aroma Baru Undian Grup Liga Champions

Liga Champions Eropa (UCL) segera masuk babak grup. UEFA sebagai pemilik hajatan akan melakukan undian (drawing) di Monaco, Kamis (27/8/2015) malam ini. Babak grup UCL musim ini adalah rasa baru. UEFA mengubah aturan main dengan menempatkan para juara kompetisi domestik elite Eropa di pot 1, bukan lagi dengan dasar nilai koefisien. Tapi dasar itu akan digunakan untuk menentukan kelompok tiga pot lain. Namun PSV Eindhoven mendapat keuntungan masuk ke pot 1 lantaran Barcelona menyandang status ganda; juara Spanyol dan juara bertahan UCL.


Seperti musim sebelumnya, 32 tim di atas terdiri 22 klub lolos langsung ke babak grup -- awal babak utama UCL. 10 klub lainnya masuk melalui babak kualifikasi play-off. Salah satunya Manchester United yang sukses menyisihkan Club Brugge dengan skor agregat 7-1, Kamis pagi WIB.

Sejumlah catatan lain mewarnai babak grup UCL musim ini. Astana menjadi klub pertama Kazakstan (negara ke-32) yang sukses masuk babak utama. Sementara Maccabi Tel-Aviv masuk babak utama untuk kedua kalinya dan menyamai rekor sesama klub Israel, Maccabi Haifa.
Sedangkan Bayer Leverkusen memastikan empat klub Jerman di UCL untuk ketiga kalinya secara beruntun. Adapun CSKA Moskow juga lolos ke babak grup untuk ketiga kali tanpa henti. Klub Rusia itu sudah sembilan kali lolos ke babak grup.


Aturan pengundian adalah klub dari negara sama tak akan dipertemukan. Jadi, Barcelona tak mungkin berada dalam satu grup dengan Real Madrid dari pot 2.
Demikian pula klub dari Rusia tak akan bertemu dengan klub Ukraina.
Lalu mengapa UEFA merasa perlu mengubah alasan penentuan pot undian?
Konfederasi sepak bola Eropa mengaku telah menyelidiki setiap pot dan grup UCL sejak musim 1999-2000. Salah satu temuannya adalah jumlah kemenangan dan juara yang didominasi klub-klub di pot 1.

72 tim yang menempati pot 1 berhasil menjuarai grup masing-masing (56 persen) dan hanya 38 klub yang menjadi runners-up grup (30 persen). Sementara 12 dari 16 juara terdahulu berasal dari pot 1. UEFA tak mau peta persaingan mudah dibaca bila pot 1 ditentukan melalui nilai koefisien.
"Jadi kami selalu fokus di pot mana 32 klub itu akan berlabuh," tulis UEFA.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers

Follow by Email